Gusnan Lantik dan Ambil Sumpah 40 Anggota BPD

Bengkulu Selatan Daerah Featured

RBO, MANNA – Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, SE.MM melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Anggota BPD yang dilantik sebanyak 40 orang anggota, untuk periode 2020 -2026.

Pelantikan BPD yang juga di hadiri oleh Kepala DPMD, Hamdan Syarbaini, S.Sos, Camat Manna, Turman, SE, Sekcam Yuhildani, S.Sos, Kepala KUA Alkan Junaidi,S.Ag, Kapolsek Kayu Kunyit, Davinsi Josie Sidabutar, S.Tr,K dan Danramil 05/Kayu Kunyit Manna, Kapten. Inf. Idham.

Dengan dilantiknya BPD ini, mereka akan bekerja sama dengan Kepala Desa untuk membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa. “Diharapkan BPD nanti bisa menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa,” kata Gusnan Mulyadi.

Masa jabatan yang di percayakan selama 6 tahun yakni dari 2020 sampai dengan 2026.

“BPD ini  laksana DPR yang ada di desa, tetapi walaupun demikian jangan pernah BPD untuk mencampuri urusan yang bukan kerjanya,” ungkapnya.

Jadi kalau dilihat dari kedudukannya, memang kepala desa selaku pemerintah desa dan BPD memiliki kedudukan yang sama, yakni sama-sama merupakan kelembagaan desa yang sejajar dengan lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga adat.

BPD juga  jangan menggantikan tugasnya sebagai pengadilan. Karena Fungsi BPD yaitu menetapkan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Jumlah anggota BPD ditetapkan dengan jumlah ganjil, paling sedikit 5 (lima) orang dan paling banyak 11 (sebelas) orang dengan memperhatikan luas wilayah, jumlah penduduk dan kemampuan keuangan desa.

Saat ini kepala desa mempunyai kekuasaan penuh, gunakan kekuasaan dengan skala prioritas untuk meningkatkah kesejahteraan masyarakat dan selalu berkoordinasi dengan BPD. “Saya titip pesan kepada semua jangan sampai kepala desa, camat tidak mengetahui  program pemerintah kabupaten,” pesan Gusnan ketika memberikan pengarahan kepada anggata BPD yang baru.

Apalagi saat ini sudah banyak sekali progaram pemerintah Bengkulu Selatan.Yaitu bagi masyarakat yang kurang mampu yang memiliki anak di kelas 1,4 SD dan kelas 1 SMP pemerintah memberikan baju seragam secara gratis. “Masih banyak lagi program kita seperti program jemput sakit pulang sehat dan kita satu – satunya kabupaten yang mendapatkan dana untuk bibit jagung unggul sebanyak 100 ribu Hektar,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Manna, Turman, SE mengatakan anggota BPD yang baru dilantik menjadi perwakilan dari delapan Desa Kembang Ayun, Jeranglah Rendah, Gunung Sakti, Padang Manis, Kota Padang, Lubuk Sirih Ilir, Tanjung Raman, Gunung Kembang dimana setiap desa terdiri dari 5 orang anggota BPD. “Kita berharap mereka mampu bersinergi dengan kepala desa agar dapat memajukan desanya masing – mading,” harapnya sembari juga mengatakan kedepannya apa yang menjadi program dari Pemerintah Daerah bisa terwujud dengan adanya Dana Desa.(cw2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *