Realisasi APBDes Gunung Besar Tuntas

Bengkulu Utara Featured

RBO, ARGA MAKMUR – Setelah sukses merealisasi pembangunan fisik dan nonfisik dalam serapan Dana Desa (DD) 2019 pertahapnya. Pemdes Gunung Besar bersiap untuk membangun tahap berikutnya.

Kades Gunung Besar, Zainal Abidin kepada jurnalis mengatakan Pemdes bersama TPK sudah menyelesaikan tahap pertahap pembangunan dari realisasi Dana Desa (DD). “Kami bersama TPK telah menuntaskan semua pembangunan mulai dari Tahap I, II dan III dan segera di serahkan kepada masyarakat secepatnya,” kata Zainal.

Dijelaksanakn Zainl, tahap I (20%) Pemberdayaan berupa Penyuluhan dan pelatihan Bidang Kesehatan, Penyelenggaraan posyandu, Pengembangan dan pembinaan Sanggar Seni dan belajar. Pelatihan dan penguatan perempuan dalam program PKK, Pelatihan dan penguatan Penyandang Difabel (penyandang Disabilitas), pendampingan peningkatan kapasitas perangkat desa dalam pengoprasian SISKEUDes. Pengadaan Sarana prasarana posyandu, penyelenggaraan PAUD/TPQ, peningkatan kapasitas dan dukungan pelaksanaan Linmas. Lalu tahap II (40%) Pembangunan Buka badan jalan pariwisata Panjag Volume 2.300 Meter.

Saat ini Pemdes Gunung Besar, Kecamatan Arma Jaya B/U bersama TPK yang ada telah menuntaskan Dana Desa (DD) tahap ke III (40%).

Data yang berhasil dihimpun jurnalis, untuk tahap III (40%) yang telah dirampungkan Pemdes dan TPK yakni Pembangunan jalan Rabat Beton (JUT) Panjang Volume 80 Meter, Pembangunan Plat Deker panjang volume 1,6 X 5 Meter Sebanyak 2 titik, Pengoralan Jalan pariwisata Dengan Panjang Volume 100 Meter, sesuai dengan Volume, RAB dan Aturan yang ada.

Selain pembangunan, Pemdes Gunung Besar pada Tahap III Juga telah melaksanakan Pelatihan Sipades dan Prodeskel.

Dikatakan Zainal, semua kegiatan dilaksanakan Pemdes bersama TPK, sesuai Volume, RAB dan aturan yang ada dan juga selalu transparan terhadap masyarakat atas pengelolaan Dana Desa (DD) Gunung Besar dapat diketahui bersama. “Pemdes dan TPK selalu berusaha melakukan yang terbaik bagi kepentingan bersama dalam membangun desa, pekerjaan pembangunan desa kami kerjakan dengan baik dan sesuai Volume, RAB dan aturan yang ada,” kata dia. (bri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *