Diskominfo Sosialisasi Internet Desa Menuju Revolusi Industri

Bengkulu Tengah Featured

RBO, BENTENG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar sosialisasi Internet Desa “IDES” bertempat di Aula Kantor Bupati Bengkulu Tengah.

Kegiatan tersebut guna menindaklanjuti program Diskominfo Benteng tentang internet masuk desa sesuai dengan randuk SPBE 2022 seluruh desa di kabupaten Bengkulu Tengah terkoneksi internet.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Benteng H.Budiman Efdy W,S.E.,S.Ip., M.Si mengatakan, bahwa saat ini, masyarakat Indonesia sedang berada di revolusi industri 4.0. Dimana revolusi ini mengedepankan teknologi informasi dan komunikasi dalam segala aspek.

Namun nyatanya, masih banyak desa di Indonesia saat ini yang belum mengedepankan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini tentu menjadi sebuah masalah yang harus diatasi karena erat hubungannya dengan arah kebijakan dana desa tersebut.

Salah satunya yaitu untuk pembangunan desa dan meningkatkan pelayanan publik. Khususnya pada desa yang ada di wilayah kabupaten Bengkulu Tengah, membutuhkan sarana yang berhubungan dengan teknologi informasi tersebut guna memajukan desa dan kabupaten nantinya.

“Adapun tujuannya adalah untuk membuka wawasan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan manfaat dari internet. Dinas Komunikasi dan Informatika menggandeng Universitas Dehasen Bengkulu dan PT.Icon. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Tengah berharap agar kegiatan ini kedepannya dapat bermanfaat. Seperti pemanfaatan IT dalam birokrasi desa dan juga mengeksplor peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkap Budiman.

Sementara itu, pihak Universitas Dehasen Bengkulu siap mendampingi desa yang ingin menggunakan internet desa, internet saat ini sangat berguna bagi desa – desa khususnya di Kabupaten Bengkulu Tengah.

“Kita berharap Kedepannya 1 Desa bisa dilihat oleh seluruh dunia, kita berharap jika setiap desa yang sudah memanfaatkan internet desa ini bisa meningkatkan pendapatan desa, memajukan desa dan juga membanggakan Kabupaten Bengkulu Tengah tentunya,” ungkap Hermawansa,.S.Kom.,M.TPd.

Dibagian lain, Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Diskominfo Benteng Lily Kartika Sari,M.Si menambahkan, bahwa target kedepannya ingin mewujudkan seluruh OPD, Kecamatan, PKM,serta Desa memiliki layanan internet dan internet yang terintegrasi. Dengan jaringan internet, desa dapat mencari berbagai informasi dibidang  pemerintahan, pertanian, peternakan dan lainnya dengan lebih cepat.

“Manfaat internet Desa sebagai media komunikasi desa, sistem informasi desa, transparansi anggaran desa dan promosi desa. Pemerintah desa bisa dengan  mudah menyebarkan informasi kepada seluruh warga, seperti pengumuman, peringatan dini dan juga mempermudah komunikasi antar desa. Selain itu pemerintah desa dengan cepat update data desa seperti mengupdete penggunaan anggaran di web. desa dan warga bisa memantau realisasi anggaran desa,” jelas Lili.

Ditambahkan Lili, PT. COMNET PLUS  memberikan layanan internet dedicated kepada desa-desa di Kabupaten Bengkulu Tengah.  Menjamin ketersedian jaringan sampai 99 %, serta menggratiskan biaya instalasi.

“Selain itu juga kita full memberikan jasa maintenance selama berlangganan. Layanan kita ini bisa digunakan di kantor desa, sekolah, kesehatan dan tentunya setiap desa di Indonesia sudah mendapatkan internet yang stabil,” tutup  Manajer Pemasaran PT.Indonesia Comnet Plus, Febriansyah Sudjrat. (ags).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *