Stok Pengiriman BBM Enggano Capai 4 Bulan

Bengkulu Utara Featured Pemda Provinsi

Persiapan Kunker Gubernur, Pantau Dermaga

RBO, BENGKULU – Menanggapi keluhan masyarakat Enggano terkait kelangkaan Bahan Bakar Minyak yang ada. Informasi saat ini kapal yang membawa bahan bakar tersebut diperkirakan tiba paling cepat Sabtu malam dini hari (14/2). Disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Pemda Provinsi Bengkulu Darpinudin, upaya ini merupakan respon cepat dari pihaknya untuk mengatasi keluhan tersebut. Namun hanya saja untuk proses ini menunggu Kapal Sabuk Nusantara yang masih bersandar di Pelabuhan Melakoni Enggano.

“Untuk pengiriman BBM lewat kapal ini berangkat hari Rabu kemarin, untuk Enggano informasi dari Pertamina sudah tiba di perairan Enggano hari ini. Namun harus menunggu sabuk nusantara karena masih bersandar di pelabuhan Melakoni. Sesuai jadwal Kapal sabuk nusantara sore, setelah berangkat bisa bersandar karena gantian. Mungkin malam ini bisa bersandar atau tiba,” terangnya.

Untuk muatan bahan bakar yang dibawa tersebut data terhimpun terinci PLN sebesar 60 KL Solar. Kemudian penyaluran untuk SPBU setempat untuk solar sebanyak 10 KL sedangkan premium sebanyak 55 KL. Sedangkan minyak tanah masyarakat sebanyak 5 KL. “Jumlah sesuai yang dikirim sebanyak 60 KL untuk persedian PLN juga industri masyarakat setempat, diperkirakan bisa menampung kebutuhan sampai 4 bulan. Lumayan cukup lama untuk penerangan,” tambahnya.

Menurut Darpin, kedepannya saat ini masih menunggu koordinasi dengan pihak Kementerian terkait penyaluran bahan bakar berikutnya. Dirinya berharap agar keberangkatan membawa kapal ini dapat berlangsung selama dua kali dalam seminggu.

“Kapal Telo ini baru sampai di Bengkulu malam tadi. Sudah di Pulau Baai untuk ke Enggano sesuai dengan kontrak ASDP. Namun belum tahu berapa ritase nya, kalau bisa 4 ritase berarti bisa dua kali ke Enggano. Kalau 4 ritase itu 2 kali selama 1 minggu namun belum tahu karena ASDP kontraknya terhadap Kementerian, kita belum tahu apa 1 kali seminggu atau 2 kali seminggu,” tambahnya.

Selain itu menurut Darpinudin, pihaknya saat ini juga mempersiapkan keberangkatan untuk kunjungan Gubernur Bengkulu. Dirinya pun memastikan agar agenda rencana pada Rabu (19/2) mendatang dapat terlaksana. “Dalam kunjungan kerja Gubernur minggu depan kalau bisa berlayar ke Enggano karena membutuhkan kendaraan darat juga. Untuk agendanya hari Rabu sore berangkat dengan Kapal Sabuk Nusantara, atau Selasa kapal lain maka dapat berangkat. Untuk pulang itu diagendakan Jumat (21/2) ini. Yang ikut juga semua seluruh Muspida yang ada,” imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah mengatakan kunjungan tersebut selain memastikan bahan bakar minyak tersebut tiba di masyarakat. Juga memantau infrastruktur baik itu rencana perkerjaan dermaga kahyapu yang rusak beberapa waktu yang lalu.

“Kita utamakan dahulu BBM, dahulu. Rencana kesana jadi, karena kita ingin memantau perkerjaan Dermaga Kahyapu. Sesuai dengan pertemuan dengan pihak Kementerian. Karena itu untuk anggaran memakai dari anggaran pusat,” sampainya. (Bro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *