UT Bengkulu Siapkan SDM Unggul

Featured Pendidikan

RBO, BENGKULU – Universitas Terbuka (UT) Bengkulu menggelar seminar akademik bertajuk “Menciptakan SDM Unggul Indonesia Maju” dalam rangkaian Upacara Penyerahan Ijazah bagi 403 lulusan atau wisudawan/ti. Ditemui disela-sela acara, Direktur UT Bengkulu Dr. Yumiati, M.Si mengatakan bahwa UT konsisten dan serius dalam menciptakan lulusan yang unggul dan berkualitas.

“UT menyiapkan itu dengan baik, mahasiswa UT sudah disiapkan untuk jadi SDM unggul. Ya diera sekarang ini jadi SDM unggul salah satunya dapat menguasai teknologi digital. Mahasiswa UT sendiri belajarnya hampir online semua, kita adalah pelopor belajar jarak jauh perguruan tinggi di Indonesia ini. Dengan begitu mahasiswa kita sudah unggul, terbiasa dengan teknologi,” ujarnya.

DR Yumiati juga berpesan kepada semua mahasiswa UT untuk jeli, kreatif dan iniovatif di era revolusi industri 4.0 saat ini. Serba canggih dan teknologi, maka dari itu mahasiswa harus siap. Di UT mereka sudah dibekali ilmu pengetahuan dll.

Ilmu yang di peroleh di perguruan tinggi itu sedikit. Setalah lulus ini harus mengembangkan diri, kembangkan komptensi yang mempuni sesuai dengan era revolusi industri 4.0. Kompetensi kritis, kreatif, inovatif, kolaborasi itu harus dikembangkan juga.

SDM Unggul Indonesia maju. Kalau mau kita maju, Indonesia maju itu yang petama kali dibenahi adalah SDMnya. Kini Indonesia memiliki bonus demografi, jumlah orang produktif banyak di Indonesia. Ini harus dimanfaatkan untuk kemajuan kita, mengelola kekayaan alam kita.

Senada dengan Direktur UT, Bupati Bengkulu Tengah, DR Fery Ramli, SH, MH yang menjadi narasumber di seminar akademik UT mengatakan bahwa setiap lulusan, setiap orang itu harus punya keyakinan terhadap dirinya sendiri bahwa kita bisa, kita mampu untuk ciptakan lapangan kerja sendiri. Kembangkan diri, cari pengalaman setelah bekerja, kembangkan jangan putus asa, baca peluang.

“Dulu sebelum saya jadi Bupati, saya pernah bekerja di Palabuhan Pulau Baai. Lalu saya berani bekerjasama dalam angkutan batu bara, lalu jadi politisi dan sekarang Bupati dua periode. Tetap semangat, baca peluang dan terus berjuang dengan penuh keyakinan,” ujarnya di hadapan 403 lulusan UT Bengkulu. (ae2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *