DPMD Bengkulu Selatan Gelar Lomba Desa

Bengkulu Selatan Featured

Desa Terbaik Dijadikan Desa Rujukan
RBO, MANNA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bengkulu Selatan, akan menggelar lomba desa dan setiap Kelurahan wajib mengirimkan satu desa untuk mengikuti peelombaan ini.

Kepala DPMD Bengkulu Selatan, Hamdan Sarbaini, S.Sos melalui Kabid Pemdes (Pemerintah Desa) Rustam Affandi, SE.ME kegiatan lomba tersebut akan di ikuti oleh 11 Kecamatan dengan mengirimkan satu desa sebagai perwakilan untuk mengikuti lomba.

“Dari setiap kecamatan akan mengirimkan salah satu desa terbaik dan tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa akan turun langsung untuk menilai desa tersebut,” ujar Rustam

Adapun penilaian lomba ini meliputi kelengkapan administrasi desa, termasuk kebersihan lingkungan, senergitas masyarakat dan Pemerintah Desa, kesehatan desa, penggerak PKK dan keunggulan yang ada di Desa. “Proses penilaian selain dari dari kami DPMD, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta Tim Penggerak PKK akan ikut menilai,” ungkap Rustam saat ditemui di ruang kerjanya.

Lomba desa merupakan program nasional dimana nantinya desa yang menang akan di lombakan ditingkat nasional dan akan menjadi desa rujukan. Seperti tahun lalu yang menjadi desa rujukan Lubuk Sirih Ilir dan desa yang lain belajar untuk sama – sama memajukan desa mereka. “Adapun desa yang pernah ikut perlombaan ditingkat nasional Desa Ketaping dengan produk unggulan yang mampu mengolah sampah menjadi bahan bakar,” ujarnya.

Lomba berdasarkan SK yang di sampaikan oleh Camat, dimana desa yang di pastikan ikut ialah Desa Jeranglah Rendah, Kabupaten Manna dan Desa Keban Jati Ulu Manna.

“Kami akan mengadakan lomba desa sekitar bulan April mendatang dan pendaftaran sudah di tutup hari ini,” ujar Rustam.

Pada minggu ketiga dibulan Mei DPMD akan membuat surat keputusan Bupati Bengkulu Selatan tentang penetapan pemenang lomba tingkat Kelurahan dan Kecamatan. “Bertepatan dengan kemerdekaan Republik Indonesia akan menyerahkan hadiah kepada desa yang menang ditingkat Kabupaten,” jelasnya.(AFA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *