Masa Depan JAM, Disparpora Surati Pemprov

Featured Mukomuko

RBO, MUKOMUKO – Kabupaten Mukomuko telah berhasil menyelenggarakan even Jelajah Alam Mukomuko (JAM) empat kali berturut-turut. Setiap kali penyelenggaraan, JAM#1, JAM#2, JAM#3, dan teranyar JAM#4 yang dilaksanakan Sabtu (22/2) kemarin, selalu ramai peserta.

Dijelaskan Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, ST., MT ketika dikonfirmasi, Minggu (23/2), JAM memang dirancang untuk media promosi objek-objek wisata menarik di Kabupaten Mukomuko, sekaligus even yang diharapkan mampu menyedot wisatawan luar daerah untuk datang ke Mukomuko.

Setiap kali pelaksanaan, kata Kadis, apa yang menjadi tujuan dan harapan, berjalan sesuai rencana. Ini tidak lepas dari dukungan semua pihak. Pencinta trail, pemerintah daerah sampai pemerintah desa, dan juga tentunya dukungan dari seluruh masyarakat daerah ini.

Melihat kesuksesan pelaksanaan even JAM ini, Apriansyah mengatakan, sudah saatnya JAM naik kelas. Disparpora Kabupaten Mukomuko, telah menyurati Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, prihal, usulan JAM dijadikan salah satu even dalam kalender pariwisata Provinsi Bengkulu.

“Untuk rencana itu, kita sudah menyampaikan usulan melalui surat ke Dispar Pemprov Bengkulu,” ungkap Ap, sapaan akrabnya.

Menurutnya, JAM sudah layak menjadi even yang masuk kalender pariwisata Provinsi. Sebab, jelajah alam Mukomuko yang identik dengan motor trail ini, telah empat kali dilaksanakan setiap tahun tanpa Jeda, dengan tanggal yang tak berjauhan di Bulan Februari.

Keuntungannya, jika JAM sudah menjadi kalender pariwisata Provinsi, akan ada dana sering dari Pemprov untuk even tersebut. Disisi lain, gaung promosinya akan jauh lebih menggema, karena dilakukan bersama Pemkab Mukomuko, Pemprov Bengkulu dan seluruh pecinta lumpur se Provinsi Bengkulu.

“Nanti pihak Dispar Prov Bengkulu akan melakukan penilaian, apakah layak JAM menjadi even kalender pariwisata Bengkulu. Tentu kita berharap bisa,” ujarnya.

Ditambahkan Ap, untuk sementara, baru ada satu even di Kabupaten Mukomuko yang masuk dalam kalender pariwisata Provinsi Bengkulu, yaitu Festival Danau Nibung.

“Even ini sudah berjalan sekali dan akan dilaksanakan lagi tahun ini,” pungkas Apriansyah. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *