Seleksi 25 Nominasi Lomba Lagu Daerah

Bengkulu Selatan Featured Sosial & Budaya

RBO, MANNA – Kominfo Bengkulu Selatan menyeleksi 25 nominasi peserta lomba lagu daerah. Kegiatan ini di selenggarakan dan dibuka langsung oleh Bupati Bengkulu Selatan di Gedung Pemuda Bengkulu Selatan, Jalan Jendral Sudirman Tanah Lapang, Bengkulu Selatan, Rabu (26/02/2020). “Dengan diadakannya perlombaan ini diharapkan mampu menambah kecintaan generasi bangsa akan kesenian daerah yang tertinggal dengan kecanggihan teknologi,” ungkapnya.

Kedepannya pagelaran seni akan di galakkan agar apa yang menjadi budaya di Bengkulu Selatan ini bisa menjadi ikon bagi Bengkulu Selatan. “Kita akan terus memberikan dukungan, agar budaya dan tradisi tidak terkikis dengan perubahan zaman, apalagi saat ini banyak yang menyebut dengan zaman milenial yang didominan dengan anak -anak muda,” harapnya.

Kepala Kominfo Bengkulu Selatan, Ir. Susmanto,MM mengatakan seleksi yang pertama sudah dilaksanakan, terdiri dari peserta tingkat SMP dan SMA sebanyak 105 orang. “Seleksi kita lakukan selama dua hari, nantinya akan didapatkan juara terbaik untuk diikutkan dalam rangka kegiatan Hari Ulang Tahun Bengkulu Selatan ke 71,” kata Susmanto.

Dengan diadakan perlombaan lagu daerah ini, mampu mempertahankan lagu -lagu daerah yang sudah diciptakan oleh para pencinta seni terdahulu. Lagu daerah Bengkulu Selatan saat ini walaupun belum go nasional tapi untuk lagunya sudah merambah ke tingkat Provinsi Bengkulu.

“Bahkan di Kabupaten ataupun Kota Bengkulu sudah banyak yang bisa menghafal lagu tersebut, seperti contoh lagu bekatak kurak karik,” ucapnya.

Dukungan fasilitasi yang diberikan oleh Pemerintah semoga seluruh pecinta dan pencipta bisa termotifasi untuk semakin membumingkan lagu daerah ini. Bahkan saat ini sudah di mulai dari tahapan perkenalan lagu daerah khususnya kepada seluruh pelajar di Bengkulu Selatan. “Bagi peserta yang berhasil dan mendapatkan juara nanti, kami akan memberikan uang pembinaan dan piagaam karena ini merupakan prestasi dari generasi bangsa yang patut dihargai,” katanya.

Kedepannya untuk pecinta seni di Bengkulu Selatan, Kominfo akan bekerja sama dengan pelaku ataupun penggerak seni seperti Ombus, Kombes sehingga mereka nanti mempunyai ruang tersendiri bagi pecinta seni untuk lebih mendalami seninya.

“Pesan dari Bapak Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, Bahwa setiap Kepala Dinas maupun pejabat yang ada di Lingkungan Pemerintahan Bengkulu Selatan yang suka bernyanyi baik itu didalam hajatan pernikahan, Jangan hanya bisa menyanyikan lagu -lagu dandut, tapi tampakkan keseriuasan kita sebagai pejabat Pemerintah mampu juga menyanyikan lagu daerah,” tutup Susmanto.(afa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *