Dinkes Gencarkan Program Cek Kesehatan Sejak Dini

Featured Kepahiang Kesehatan

RBO, KEPAHIANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) gencarkan program Komprehensif. Program pengecekan kesehatan dan mendeteksi jenis penyakit sejak dini tersebut, dilaksanakan gabungan Puskesmas Pasar Kepahiang, dan Puskesmas Kelobak di halaman Puskesmas Pasar Kepahiang Rabu pagi,(4/3).

Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU yang hadir langsung membuka kegiatan pemeriksaan kesehatan masyarakat gratis tersebut mengatakan, program komprehensif ini dilakukan disetiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Kepahiang. Dengan harapan bisa mendeteksi dan menangani jenis penyakit masyarakat Kabupaten Kepahiang. “Tingkat pertama harus melaksanakan kesehatan komprehensif, tindakan Promotif meliputi germas, kesehatan lingkungan, dan ketersediaan air bersih,” ungkapnya.

Lanjutnya, pendekatan preventif terhadap masyarakat dengan menekankan pola hidup sehat mulai dari mengatur makan seimbang, cegah setres, perbanyak makan sayur dan buah. Program pengobatan seperti imunisasi anak, KB dan lain sebagainya. “Kalau pola hidup sehat tidak dijaga, seperti kesehatan lingkungan tidak terjaga,  buang air sembarang. Tentu warga sekitar akan banyak mengidap penyakit terutama gejala DBD. Jadi, lingkungan harus diperhatikan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kepahiang, Tajri Fauzan, S.Km, MM menerangkan, program pengobatan dan pemeriksaan kesehatan bersama dokter-dokter spesialis menyasar ibu hamil, lansia serta masyarakat lainnya. Dalam kegiatan ini, pihaknya menghadirkan dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis anak, dokter spesialis kebidanan, dokter umum. Selain dari itu, juga menyediakan pelayanan KB, pelayanan kesehatan ibu hil, pelayanan gizi dan imunisasi. “Tingginya angka kematian ibu dan bayi salah satu yang melatar belakangi program komprehensif ini. Setiap ibu hamil harus terpantau kondisi kesehataan, sehingga saat melahirkan tidak ada kendala atau berisiko kematian. Melalui kegiatan ini kita mencanangkan agar masyarakat bisa menjaga pola hidup sehat,” demikian tambah Tajri.(ide)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *