Program Kartu Nikah Belum Terealisir di Mukomuko

Featured Mukomuko

RBO  >>>  MUKOMUKO  >>>   Meskipun telah resmi diluncurkan Pemerintah Pusat pada tahun lalu, Program Kartu Nikah, hingga kini belum dapat direalisasikan di Kabupaten Mukomuko. Penyebabnya, belum ada fasilitas penunjang untuk merealisasikan program tersebut. Ini sebagaimana disampaikan Kasi Binmas Islam Kantor Kemenag Mukomuko, H. Peri Irawan, S.HI kepada RADAR BENGKULU kemarin.

“Program Kartu Nikah belum bisa kita realisasikan. Fasilitas penunjang masih minim,” ujarnya.

Dijelaskannya, program Kartu Nikah ini bisa berjalan dengan baik apabila di 15 Kantor Urusan Agama di 15 kecamatan di daerah ini sudah memiliki fasilitas. Setidaknya ada jaringan internet, alat prin kartu khusus, dan peralatan penunjang lainnya.

Pihak Kantor Kemenag Mukomuko berupaya, Program Kartu Nikah ini bisa secepatnya terealisasi di daerah ini. Oleh sebab itu, pihaknya bakal mengajukan anggaran ataupun peralatan yang dibutuhkan pada tahun ini agar bisa diakomodir pada 2021 mendatang.

“Yang jelaskan, peralatan yang belum kita miliki. Maka fokus usulan kita nanti alat,” katanya.

Ditambahkannya, Kartu Nikah ini untuk meminimalisir kehilangan buku nikah lantaran harus dibawa kemana-mana saat bepergian. Sekaligus pula mempermudah masyarakat membawa bukti sah kartu pasangan suami istri.

“Program ini bagus untuk mempermudah masyarakat menunjukan bukti sah pasangan istri. Kalau kartu bisa dimasukan dompet,” pungkasnya. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *