Kombinasi Guru, Orangtua dan Siswa Melalui Sistem Pembelajaran Daring

Featured Kota Bengkulu

RBO  >>>    BENGKULU   >>>    Selama 14 hari kedepan siswa seluruh sekolah di Indonesia, melaksanakan pembelajaran melalui sistem online atau Dalam Jaringan (Daring) di rumah masing-masing. Hal ini, ternyata memberikan dampak yang signifikan untuk guru, orangtua dan siswa berklaborasi menjadi satu kesatuan.

“Peran guru tetap melaksanakan pemantauan kegiatan belajar siswa di rumah, dengan cara berkoordinasi dengan orangtua siswa. Kegiatan pembelajaran melalui daring (online). Dewan guru, juga tetap melayani siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar,” ujar Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6 Kota Bengkulu, Mukhtarimin, M.Pd. Mat pada RADAR BENGKULU kemarin.

Menurutnya, kolaborasi seperti ini harusnya terus ditingkatkan, supaya peran orangtua bukan hanya bekerja mencari uang untuk memenuhi kebutuhan anak. Tapi mereka menjadi pionir utama anak belajar di rumah. Sehingga, dewan guru dan orangtua melakukan komunikasi secara intens perkembangan anak belajar di rumah dan sekolah seperti apa.

“Memang untuk sementara ini, siswa belajar melalui sistem online. Dimana kegiatan pembelajaran siswa menggunakan jaringan internet. Seperti bisa membuka materi melalui aplikasi Rumah Belajar, Ruang Guru, tugas dari guru via email, WA dan komunikasi langsung melalui video call,” terangnya.

Rata-rata untuk siswa di Kota Bengkulu, mereka belajar dipandu oleh guru melalui grup WA dan via email. Tugas yang diberikan oleh dewan guru, siswa usai menyelesaikannya bisa di kirim ke email guru, ataupun difotokan tugas yang dibuat oleh siswa melalui grup WA.

“Kombinasi antara dewan guru, orangtua dan siswa tergantung kesepakatan dari mereka. Mau menggunakan yang mana, apakah grup WA, via email atau aplikasi pembelajaran online lainnya. Hanya saja, untuk lebih simple mempermudah siswa banyak yang menggunakan email dan WA untuk melaporkan bahwa tugas yang mereka kerjakan sudah selesai. Kalau aplikasi seperti Ruang Guru itu kemauan siswa untuk menambah pelajaran di rumah,” tutupnya. (ach)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *