Langkah Serius Sikapi Covid-19, RS Rujukan Ditambah, RS DKT Siapkan 6 Ruang Isolasi dan 10 Tenda

Featured Pemda Provinsi

RBO, BENGKULU – Wujud keseriusan mengantisipasi penyebaran pendemi corona virus disease atau Covid 19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu selain sudah menetapkan 8 rumah sakit rujukan, juga mempersiapkan sejumlah ruang isolasi tambahan untuk merawat pasien mirip gejala Covid 19 dalam wilayah Bengkulu.

“Diketahui dari pusat sudah menetapkan tiga rumah sakit rujukan di Provinsi Bengkulu. Yaitu, Rumah Sakit M Yunus, RSUD Bengkulu Selatan dan RSUD Curup Rejang Lebong. Dari Pemprov menambah lima rumah sakit lagi. Yakni, Rumah Sakit DKT, Rumah Sakit Harapan dan Doa Kota Bengkulu, RSUD Mukomuko, RSUD Arga Makmur, dan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bengkulu. Sedangkan untuk ruang isolasi tambahan lagi, ada Bapelkes, Asrama Haji, Badan Diklat, LPMP dan Mess Pemda,” kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, kepada sejumlah wartawan.

Selain itu dikatakan, untuk kesiapan menghadapi kemungkinan terburuk dalam kasus Covid 19 di wilayah kabupaten, Pemprov akan menggelar road show guna mempersiapkan hal yang sama. “Ini semua wujud antisipasi kita secara bersama-sama dengan serius dan menyeluruh, jika hal yang tidak diinginkan terjadi dalam kasus Covid 19 di Bengkulu,” terang Rohidin.

Sementara itu, Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah 02 0401 Bengkulu, Letnan Kolonel CKM Purdiyanto menjelaskan, sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur Bengkulu, Rumah Sakit DKT siap menjadi rumah sakit tambahan rujukan kasus Covid 19 di Bengkulu. Bahkan sebagai langkah awal pihaknya sudah menyiapkan mulai dari penanganan scanning awal untuk pengunjung ataupun pasien.

Sedangkan kebijakan lainnya, untuk kunjungan dibatasi dan hanya bagi pasien dan yang mengantarkannya, serta harus mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. “Untuk ruang isolasi tambahan yang kita siapkan, ada 6 ruang ditambah tenda sebanyak 10 unit lengkap dengan poskonya. Sementara petugas medisnya sendiri juga sudah disiapkan,” tukas Purdiyanto.(idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *