Rapid Test Untuk Tenaga Medis dan PDP

Featured Kepahiang

Kepahiang Terima 100

RBO, KEPAHIANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang melalui Pemerintah Provinsi Bengkulu mendapatkan 100 rapid tes Covid-19 dari pemerintah pusat. Dimana alat itu nantinya, akan diprioritaskan khusus untuk tenaga medis atau dokter yang menangani kasus Corona Virus Disease 2029 (Covid-19). Dan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau orang yang sedang dalam resiko tinggi.

Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU mengatakan, bantuan alat rapid test dari pemerintah pusat tersebut Provinsi Bengkulu hanya mendapat sekitar 2.400 alat. Kabupaten Kepahiang hanya mendapat 100 rapid test. ” Sekala prioritasnya digunakan untuk dokter dan tenaga medis yang menangani kasus Covid-19, dan orang sudah beresiko tinggi. Setelah itu barulah untuk kita-kita,” terang Bupati Kepahiang.

Selain mendapat bantuan dari pusat lanjut Bupati, pihaknya juga memesan lansung rapid test dan Alat Pelindung Diri (APD) lainnya. Dimana saat ini Pemkab Kepahiang tengah menyisiri APBD untuk dialihkan ke penanganan Covid-19. “Yang sudah pasti saat ini sebagian anggaran DAK kesehatan dan dari BPBD dialihkan. Selain dari itu nanti juga ada dari APBD yang saat ini masih disisiri Sekda,” demikian ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang, Tajri Fauzan, S.Km menambahkan alat rapid test bantuan dari pusat tersebut bukan untuk menentukan seseorang itu positif atau tidak Covid-19. Tetapi untuk mendeteksi penyakit yang diderita seseorang itu mengarah ke postif Covid-19 atau tidak. “Kita Kabupaten Kepahiang mendapat 100 rapid test dari pusat. Alat itu untuk mengetahui seseorang mengarah ke positif Covid-19 atau tidak,” demikian.(ide)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *