Hari Ini, Gub Tinjau Kabupaten Mukomuko

Featured Mukomuko Pemda Provinsi

Rapid Test Dilakukan Setiap Kepala Daerah

RBO, BENGKULU – Menanggapi adanya informasi positif pasien covid -19 atau corona yang meninggal dunia langsung ditanggapi cepat oleh Pemda Provinsi Bengkulu. Hal ini tentu sangat berdampak pada penyebaran virus corona terhadap masyarakat yang ada di Bengkulu. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, pihaknya hingga saat ini terus melakukan pemantauan perbatasan daerah untuk memastikan penyebaran ini tidak terjadi meluas.

“Tetap kita pantau termasuk pintu masuk perbatasan, memastikan posko. Kita memastikan semua dikontrol dengan baik,” ujarnya kemarin Selasa (31/3) saat hendak meninjau perbatasan Kabupaten Mukomuko.

Menanggapi rencana rapid test terhadap seluruh Kepala Daerah. Menurut Rohidin, pemeriksaan yang diutamakan hanya untuk tenaga medis kemudian Orang Dalam Pemantauan seperti pasien positif yang pernah berinteraksi langsung. Serta Pasien Dengan Pengawasan yang memang langsung dirujuk ke rumah sakit setempat.

“Rapid test sendiri yang diutamakan itu merupakan tenaga kesehatan selain ODP dan PDP yang ada. Karena mereka sangat rentan ini tenaga medis. Seperti jamaah tabligh ini namun mereka ini berinteraksi, maka mereka ini harus dikumpulkan dahulu. Termasuk juga mereka yang berada di Rumah Sakit setempat,” tambahnya. Lebih lanjut, pihaknya sendiri sudah menyerahkan ratusan rapid test kesetiap daerah Kota dan Kabupaten. Untuk pemeriksaan rapid test ini nantinya berkordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat baik itu Kota dan Kabupaten. Maka baik itu Kepala Daerah sendiri dipersilahkan untuk juga memeriksa bila adanya keperluan.

“Maka yang diluar itu termasuk langsung dites ini kita sudah menyiapkan alatnya dibagikan ada 100 kemarin. Mungkin apabila kurang maka akan kita tambah kembali. Ini harus serentak saja silakan melakukan pemeriksaan karena ini diwilayah Kota maka koordinasi dengan Dinkes setempat,” lanjutnya.

Terakhir Gubernur, meminta agar masyarakat tidak perlu takut melapor apabila merasa adanya gejala tersebut. Pasalnya ini sangat penting guna memputuskan rantai penyebaran virus yang mematikan tersebut.

“Saya juga mengimbau, agar masyarakat yang mungkin memiliki gejala ini maka jangan takut silakan melapor. Ini sangat penting sekali,” pungkasnya. (Bro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *