Cegah Covid-19 Kepahiang Siapkan Anggaran Rp 10 M

Featured Kepahiang

Pengalihan Anggaran Pilkada Tunggu Perpu

RBO, KEPAHIANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang akan mempersiapkan anggaran sebesar Rp 8 Miliar sampai Rp 10 Miliar. Hal itu untuk pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah Kabupaten Kepahiang. Anggaran tersebut akan dituangkan dalam Rencana Kebutuhan Belanja (RKB) dalam menghadapi wabah Covid-19.

Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU mengatakan, berdasarkan hasil rapat teleconference bersama Mendagri yang diwakili Plt Sekjen. Dalam rapat tersebut secara umum apa yang disampaikan Mendagri sudah dilakukan Kabupaten Kepahiang. Termasuk pembentukan tim gugus tugas baru. “Sekarang ini kita sedang membuat Rencana Kebutuhan Belanja (RKB). Selama tiga bulan kedepan kita menganggarkan Rp 8 Miliar sampai Rp 10 Miliar,” terangnya.

Sambungnya, sumber anggaran tersebut dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang, Rp 5 Miliar, dari BLUD RSUD Kepahiang, Rp 1 Miliar, dan sisanya kemungkinan bersumber dari anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Namun untuk rencana pengalihan anggaran Pilkada ini masih menunggu beberapa Opsi. Opsi Pilkada dilaksanakan Desember 2020, Opsi 2 Pilkada dilaksanakan pada Maret 2021 dan Opsi ketiga September 2021. “Selain dari dari itu kita juga masih menunggu Perpu dari pemerintah pusat,” imbuhnya.

Ditambahkan, untuk perombakan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 ini, sekarang ketuanya Bupati langsung, bukan lagi Sekda ketuanya. Kemudian juga ada penambahan personil di posko yang ada di perbatasan. “Sekarang kita sifatnya siaga. Alhamdulillah sekarang ini kita belum ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Terdata hanya ODP, ODR. Yang jelas penjagaan di setiap perbatasan harus diperketat,” demikian Bupati.(ide)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *