Negatif Corona, 24 Jamaah Masjid Taqwa Bengkulu Dipulangkan

Featured Kota Bengkulu

RBO   >>>   BENGKULU   >>>   Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu hari ini (kemarin-red) resmi mengeluarkan surat keterangan pemeriksaan hasil rapid test kepada sejumlah jamaah Masjid Agung At-Taqwa. Bahwa 24 jamaah tersebut dinyatakan sehat dan negatif, terbebas dari corona virus (covid-19).

Surat keterangan sehat dikeluarkan setelah menjalani masa karantina 14 hari serta tidak ditemukan gejala dan tanda terinfeksi covid-19 serta dibuktikan dengan lembaran hasil rapid test pertama dan kedua dari UPTD Puskesmas Anggut Atas Kota Bengkulu.

Pemberian surat keterangan ini langsung diberikan oleh Walikota Bengkulu, Helmi Hasan. Ia mengatakan, setelah dilakukan karantina selama 14 dan dibuktikan dengan hasil rapid test, seluruh jamaah Masjid Agung At-Taqwa dinyatakan negatif dari covid-19.

“Setelah dilakukan 14 hari karantina dan dilakukan rapid test selama dua kali, rapid test yang pertama pada tanggal 1 April 2020 serta rapid test yang kedua dilaksanakan pada tanggal 10 April 2020 dengan hasil Alhamdulillah negatif semua, mereka sudah boleh pulang,” jelas Walikota Bengkulu Helmi Hasan pada Senin (13/04).

Helmi menambahkan ,rapit tes ke 2 dilakukan oleh Petugas UPTD Puskesmas Anggut Atas setelah sebelumnya salah seorang pendakwah yang pernah singgah di masjid tersebut dinyatakan positif.

“Hari ini sesuai dengan surat keterangan pemeriksaan Nomor:443/340/D.kes/2020 serta diketahui oleh Dinas Kesehatan Kota Bengkulu bahwa seluruh jamaah dinyatakan negatif dan sudah diperbolehkan untuk pulang,” kata Helmi.

Ditempat yang sama, Kepala Dinkes Kota Bengkulu, Susilawati juga menyampaikan bahwasanya ke 24 jamaah ini sudah melakukan cek kesehatan dan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari dan dinyatakan sehat. Tidak ada gejala sama sekali covid-19.

“Semua jemaah sudah menjalani standar operasional prosedur (SOP), dan juga dalam pengawasan dinas kesehatan serta telah menjalani rapid tes laboratorium hasilnya negatif,” jelas kadis kesehatan.

Data terhimpun, selama menjalani masa isolasi sebagaimana arahan Gubernur Bengkulu, H Rohidin Mersyah, seluruh orang yang bermukim di Masjid Agung At-Taqwa melaksanakan gerakan menghafal 40 hadist untuk menyukseskan program Bengkulu Kota Hadist.

Tak hanya itu, jamaah juga menyibukkan diri dengan giat kebersihan masjid secara masif dan menyeluruh. Pada malam-malam tertentu, jamaah melakukan amalan-amalan khusus berdoa kepada Allah subhanahu wa ta’ala agar Bengkulu dijauhkan dari Covid-19.(ae3/rsm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *