Di BS Hanya Tiga Desa Yang Punya Puskesos

Bengkulu Selatan Featured

RBO, MANNA – Vidio Confrence bersama Mentri Sosial Republik Indonesia, membahas tentang 158 desa dan kelurahan di Bengkulu Selatan wajib mempunya Poskesos dan saat ini dari jumlah desa dan kelurahan yang ada hanya tiga desa yang respon itupun stimulus dari kementrian sebagai ransangan saja.

Plt Dinas Sosial Bengkulu Selatan, Didi Ruslan, M.Si mengatakan Puskesos adalah tempat yang berfungsi untuk melakukan kegiatan pelayanan sosial bersama secara sinergis dan terpadu antara kelompok masyarakat dalam komunitas yang ada di desa, kelurahan, nama lain dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. “Misalnya kalau 100 KK(kepala keluarga) yang dapat bantuan dan 50 persen sudah diakomudir yang mendapat PKH dan PPNT, dan dapat lagi dapat 30 persen bantuan untuk 20 persen ini adalah tugas peran desa distulah nanti kita lihat fungsi dari Puskesos,” kata Didi Rabu di ruang kerjanya, (29/04) .

Anggota yang berada di Puskesos nanti diangkat oleh Pemerintah Desa yang ditugaskan. Dan lebih menariknya dari jumlah kelurahan dan desa dari Video Confrence ini baru ada 10 desa yang mengajukan untuk membentuk Puskesos. “Adapun tiga desa yang sudah terbentuk Puskesos adalah Desa Ketaping, Lubuk Sirih, daerah Seginim, Saat ini Bengklulu Selatan belum mempunyai tenaga Puskesos yang diharapkan pemerintah sehingga sistem pendataan kita masih rancu, kalau sudah ada Puskesos, Kepala Desa pasti akan mudah untuk menjawab tantangan yang diajukan oleh masyarakat, contoh saat ini Bantuan Langsung Tunai(BLT) saja masih ada kendala,” tutup Didi.(afa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *