Kondisi 40 Pasien Covid-19 Dinyatakan Baik dan Sehat

Featured Kesehatan Pemda Provinsi

RBI, BENGKULU – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, M.Kes, M.Si mengatakan, kondisi 40 pasien kasus konfirmasi positif Covid-19 sebagian besar baik dan sehat. Sebab, sebagian besar kasus konfirmasi berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG), dan hanya 1 pasien, yang memang benar-benar ada gejala klinis, dengan penyakit penyerta yang dialami.

“Untuk pasien tanpa gejala ini, hanya dirawat di rumah sakit, ditangani oleh tim medis, kemudian, dari pengobatan juga dari tim medis. Sembari sambil menunggu waktu pengambilan swab, pada hari ke 14 dan 15, kami akan menunggu itu, sebab, sebagian kasus sudah ada yang selesai, ada yang masih proses pengawasan, ada yang masih 1 minggu, nanti akan dihitung, ketika sudah memasuki hari ke 14 dan 15 berarti harus diambil swabnya,” ujar Herwan pada konfrensi persnya kemarin.

Dijelaskannya, kalau kondisi kasus positif sudah ambil swab dua kali, pihaknya selalu menyampaikan, evaluasi untuk dinyatakan sembuh, apabila hasil swabnya 2 kali dinyatakan negatif, atau tidak ada gejala klinis, disertai dengan pemeriksaan medis, dari laboratorium, rontgen dan sebagainya.

“Untuk perkembangan kontak tracing pada semua kasus positif, terus dilanjutkan sampai dengan hari ini (Rabu-red). Apalagi, pengiriman swab hari ini, mencapai 265 sampel, sebagian besar sampel yang dikirim, merupakan hasil dari kontak tracing, baik dari cluster petugas kesehatan dari aparat, dan juga termasuk masyarakat- umum, keluarga, dan orang lain, yang pernah kontak dengan kasus positif. Jadi, kami sudah mengambil swab pada semua cluster tersebut, termasuk orang yang kontak erat kasus-kasus ini. Tak terkecuali, hasil rapid testnya dinyatakan reaktif. Penelusuran yang sudah dilakukan, juga ke rumah sakit di Kota Bengkulu, seperti rumah sakit Tiarasela, Raflesia, oleh tim kami. Dari pengirim 265 swab tadi, ini belum semuanya selesai, dalam satu, dua hari kedepan kami akan terus melakukan pemeriksaan pengambilan swab, terhadap penelusuran kasus ini,” terangnya.

Sementara itu, untuk total kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) 716, ODP dinyatakan sehat 626, ODP masih dalam pemantauan 90 orang. Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 33, PDP dinyatakan sehat 11, PDP menjadi konfirmasi 3, PDP proses pengawasan 7, PDP meninggal 12 orang. Kemudian, jumlah sampel yang diperiksa di laboratorium 690, sampel positif 40, sampel masih proses pemeriksaan 447, sampel yang dikirim hari ini 265.

“Jumlah rapid test yang sudah dilakukan se-Provinsi Bengkulu 4.737, rapid test dinyatakan non reaktif 4.654, rapid test dinyatakan reaktif 83, rapid test yang dilakukan di Labkes hari ini 19. Untuk Rabu 13 Mei 2020, rapid test yang dilaporkan reaktif 17 orang, dengan rincian, Kota Bengkulu 11 orang, Bengkulu Utara 6 orang.

“Untuk 40 kasus konfirmasi positif Covid-19, 10 pasien dirawat di RSUD M.Yunus, 4 pasien dirawat di RSHD Kota Bengkulu, 2 pasien dirawat di RS Bhayangkara, 1 pasien dirawat di RS Kepahiang, 2 pasien dirawat di RS Bengkulu Utara, 20 pasien melakukan karantina/isolasi mandiri, 1 pasien meninggal dunia,” tutupnya. (ach)

BERBAGI:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.