Bandara Masih Sepi, Harga Tiket Bus Naik

Ekonomi & Bisnis Featured Pemda Provinsi

RBO, BENGKULU – Dampak penyebaran pandemi covid -19 atau corona saat ini mengakibatkan arus transportasi udara berkurang. Jelang lebaran biasanya ramai namun kini suasana lengang. Data penumpang hanya dibawah lima puluh orang yang menggunakan jasa maskapai penerbangan. Terlebih lagi rencana keberangkatan maskapai besok (hari ini.red) masih menunggu kepastian penerbangan dari pihak maskapai airlines.

Plt Executive GM Angkasa Pura II Bengkulu Sarosa mengakui untuk penerbangan off. Karena masih menunggu konfirmasi keberangkatan maskapai lainnya. Karena kendala memang minat penumpang penerbangan sangat sedikit dari tahun sebelumnya. “Hari ini off semua. Rencana kita menunggu kesiapan dari maskapai airlines saja. Kalau pihak mereka mau maka kita siap. Off ini karena tidak ada penumpang, kalau operasi mulai pada tanggal 11 Mei yang kemarin,” terangnya kemarin.

Sedangkan dari data pihaknya hanya dua maskapai yang mulai beoperasi lion air dan city link. “Untuk angkutan hanya ada 42 penumpang, masih sekitar dibawah lima puluh orang. Untuk maskapai lion air ini sudah beroperasi dua kali. City link baru sekali beroperasi sedangkan posko tetap siaga. Namun disediakan posko tempat verifikasi persyaratan dibackup oleh KKP dan Pos polisi. Untuk besok belum, masih menunggu kepastian dahulu dari maskapai,” tutupnya.

Sementara itu untuk angkutan BUS umum seperti PO Putera Raflesia pada minggu ini mulai beroperasi. Ada 4 bus yang disediakan untuk mengangkut penumpang ke pulau Jawa. Direncanakan berangkat pada tanggal 17 Minggu Mei, yang akan ditempel berupa stiker memasuki zona merah yang berasal dari Kementerian Perhubungan.

Disampaikan oleh Kepala Operasional PO Putera Rafflesia Aswandi untuk penumpang diberangkatkan dikurangi. Sebelumnya membawa penumpang 48 orang saat ini hanya 20 orang/bus.

“Ya, sekarang harus dibatasi karena memang tempat duduknya tidak boleh bersebelahan sesuai anjuran dari Pemerintah Pusat,” ucapnya.

Berbeda dengan maskapai penerbangan, harga tiket penumpangan pun terjadi kenaikan sebelumnya sebesar Rp 400 ribu tujuan Jakarta. Sementara adanya kenaikan menjadi Rp 675 ribu. Sebelumnya tujuan Bandung sebesar Rp 450 ribu naik menjadi Rp 725 ribu. “Sedangkan untuk tiket berpergian pekan baru sebelumnya Rp 230 ribu menjadi Rp 350 ribu. Terjadi kenaikan memang untuk harga tiket ini karena juga penumpang dibatasi,” tutupnya. (Bro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *