12 Program Prioritas Dorong Perekonomian Masyarakat

Bengkulu Selatan Featured

RBO, MANNA – Wakil Bupati Bengkulu Selatan, H.Rifai Tajudin, S.Sos memimpin rapat koordinasi penyampaian arah kebijakan dana alokasi khusus (DAK) serta Persiapan Pengusulan DAK Fisik Tahun Anggaran 2021. Pemerintah Daerah menyampaikan ada 12 usulan program prioritas yang nantinya bisa mendorong perekonomian masyarakat di Bengkulu selatan. Kegiatan rapat ini dihadiri oleh Sesda Bengkulu Selatan, Yudi Satria, SE.MM, Kepala Bappeda Sukarni, SP.M.Si, serta diikuti beberapa Kepala OPD.

Wakil Bupati Bengkulu Selatan H.Rifa’i Tajudin,S.Sos mengatakan pada saat pembukaan rapat di Aula Bappeda Litbang bahwa program pengajuan ini mudah – mudahan akan diterima oleh Pemerintah Pusat. “Kita harus optimis pengajuan program ini akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat BS,” kata Rifai, Kamis (04/06).

Adapun 12 program prioritas pembangunan daerah Bengkulu Selatan yakni Universal Healt Coverage atau Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), Jemput Sakit Pulang Sehat (JSPS), Satu Perawat Satu Desa (Spada), Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDa), Kabupaten Hafiz (Bebas Buta Baca Tulis Alquran), Satu Keluarga Satu Sapi (Sakti), Penumbuhan Kampung Ternak Insentif Terpadu (Paten), Bengkulu Selatan sentra jagung nasional, Bengkulu Selatan sentra patin, peremajaan kelapa sawit (replanting sawit), penyediaan infrastruktur dasar strategis dan pengembangan destinasi wisata unggulan daerah. “Makanya harapan kita, program DAK yang diusulkan nanti bisa membantu menggerakkan ekonomi rakyat,” jelasnya.

Adanya beberapa program yang bersumber dari DAK tahun 2020 yang dibatalkan karena pandemi Covid-19, menurut Wabup masih berpeluang bisa diusulkan kembali di tahun 2021. “Masih bisa diusulkan kembali di 2021, selama memenuhi syarat dan menunya tersedia dan belum ditutup oleh pusat,” ujar Rifai.

Sementara itu Sesda Bengkulu Selatan, Yudi Satria, SE.MM mengatalkan apa yang disampaikan oleh Wakil Bupati pada saat rapat tadi harus benar – benar dicermati oleh OPD yang terkait agar rencana yang sudah disusun bisa berjalan sesuai dengan harapan. “Adanya usulan yang sudah menjadi prioritas pembangunan di Bengkulu Selatan mampu merubah semua menjadi lebih baik yang langsung maupun yang tidak terdampak dengan Covid – 19,” singkat Yudi.(afa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *