Rejang Lebong dan Lebong Siap Menuju New Normal

Daerah

RBO, BENGKULU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu menyebutkan untuk wilayah di Provinsi Bengkulu terdapat dua Kabupaten yang siap melaksanakan new normal, sesuai dengan persyaratan dari gugus tugas nasional. Yaitu Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Lebong.

“Kami sudah sampaikan ke Gugus tugas nasional, bahwa untuk Provinsi Bengkulu yang masuk zona hijau ada dua kabupaten, yaitu Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Lebong,” ujar Sekretaris BPBD Provinsi, Edi Susanto pada radarbengkuluonline.com, kemarin.

Walaupun terdapat kesalahan data yang dikeluarkan oleh gugus tugas pusat, yang menyebutkan bahwa Provinsi Bengkulu hanya satu Kabupaten yang siap melaksanakan new normal, menurutnya kesalahan tersebut disebabkan karena ada kesalahan human eror dalam menyampaikan informasi.

Sehingga, informasi yang tercatat di gugus tugas pusat bahwa Kabupaten Lebong ada satu terkonfirmasi positif Covid-19, yang menyebabkan gugus tugas pusat hanya mengeluarkan satu kabupaten yang siap untuk new normal.

Mengenai penerapan new normal, Edi menjelaskan, bahwa pihaknya masih menunggu konfirmasi dari Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah.

“Gubernur juga sudah menyampaikan, bahwa untuk pelaksanaan new normal masih dalam persiapan dan masih berkoordinasi,” jelasnya.

Hal tersebut dilakukan agar jangan sampai dengan melaksanakan new normal sesuai dengan arahan pemerintah pusat dapat menimbulkan masalah baru di daerah, sehingga hal tersebut perlu dilakukan pengkajian secara mendalam di gugus tugas tingkat Provinsi.

Sedangkan untuk penerapan new normal nantinya di masing-masing daerah, akan diserahkan langsung ke daerah tersebut, dan Provinsi bersifat koordinasi dengan memantau kebijakan yang akan digunakan oleh Kabupaten dan Kota.

“Untuk daerah yang masuk zona merah perlu dilakukan pengkajian secara dalam. Jangan sampai kita saat mengikuti arahan dari pemerintah pusat akan menimbulkan permasalahan baru di daerah dan perlu dikaji secara dalam,” tutupnya. (ach)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *