Lelang 7 Jabatan Eselon II Tunggu Restu Kemendagri

Featured Pemda Provinsi

RBO, BENGKULU – Pemda Provinsi Bengkulu merencanakan lelang jabatan eselon II yang masih kosong. Selain itu ada dua jabatan yang sudah memasuki usia pensiun. Menurut Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah masih menunggu izin dari Kemendagri. “Belum ada, karena belum ada izin dari Kemendagri. Selain itu harus ada rekomendasi dari Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) juga kita harus mengikuti reguler yang ada jangan menyalahi aturan yang ada,” tegasnya.

Banyak jabatan kosong termasuk eselon 2 karena ditinggal pensiun. Akan tetapi untuk mengisi kekosongan jabatan ini pemprov memerlukan izin dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) karena tahun ini akan digelar pemilihan gubernur.

Rohidin juga mengatakan dengan adanya lelang jabatan tentu merupakan penyegaran organisasi yang ada. Terutama mendorong peningkatan efisiensi dalam bidang kinerja yang lebih baik lagi. “Memang ada yang kosong terasa memang namun harus menjadi jabatan Pelaksana Tugas dahulu. Karena memang aturannya seperti itu namun apabila memang sudah memberikan izin setelah dikaji oleh Kemendagri maka dapat kita lakukan lelang jabatan. Kalau saat ini belum ada,” tambahnya.

Terpisah Sekda Pemprov Bengkulu Hamka Sabri melanjutkan, memang untuk kajian lelang jabatan ini menunggu kepastian dari Pemerintah pusat. Sedikitnya ada tujuh jabatan yang akan dilakukan lelang.
“Kalau sudah ada izin dari Kementerian maka kita akan lakukan. Ada sebanyak 7 OPD yang ada kalau tidak salah,” tambahnya.

Direncanakan lelang jabatan yang akan dilakukan terhadap eselon II diantaranya Jabatan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemda Provinsi Bengkulu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Pemda Provinsi Bengkulu, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemda Provinsi Bengkulu, Sekwan DPRD Provinsi Bengkulu dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemda Provinsi Bengkulu.

Terpisah Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemda Provinsi Bengkulu Ir Diah Irianti membenarkan adanya rencana lelang jabatan tersebut sembari menunggu izin dari Pemerintah Pusat. Beberapa pejabat tersebut eselon II yang memasuki jabatan pensiun serta jabatan yang kosong.

Kepala Badan Kepagawaian Daerah Pemda Provinsi Bengkulu Ir Diah Irianti menanggapi adanya rencana lelang jabatan tersebut. Saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kemendagri untuk mengurus izin pelaksanaan lelang. Nantinya akan dikaji setelah itu diserahkan usulan ke Komite Aparatur Sipil Negara. Setelah proses tersebut disetujui maka lelang jabatan akan dilakukan.

“Masih diurus izinnya kalau untuk mengisi kekosongan boleh maka harus menjadi Pelaksana Tugas dahulu tapi kalau melakukan lelang jabatan ditetapkan definitif itu tidak boleh menyalahi aturan. Ya, ada dua pejabat yang sudah memasuki pensiun ditahun ini seperti Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM serta Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemprov,” sampainya. (Bro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *