Pertamina Berencana Bangun Depot Elpiji Gas di Pulau Baai

Ekonomi & Bisnis Featured Pemda Provinsi

RBO, BENGKULU – General Manager PT Pertamina MOR II Sumbagsel Asep Wicaksono Hadi menemui Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah. Gubernur didampingi oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Pemda Provinsi Bengkulu serta Kepala Dinas ESDM Pemprov Bengkulu, Ahyan Endu. Dalam pembahasan tersebut Asep menerangkan berencana membangun Depot milik Pertamina di kawasan Pulau Baai Kota Bengkulu.

“Ya benar, terkait pembahasan pembangunan depot elpiji yang berada di kawasan Pulau Baai Kota Bengkulu. Realisasi pembangunan direncanakan pada September ini karena kita mengharuskan perizinan dari Pemerintah pusat (BPH Migas),” ujarnya Kamis kemarin (4/6). Didampingi bersama Sales Retail Pertamina Bengkulu, Handy Tri Husodo, lanjut Asep, dengan adanya pembangunan depot tersebut diharapkan dapat membantu kebutuhan stok gas bagi masyarakat umum terutama yang merupakan subsidi.

“Ini sangat bagus sekali, karena sumbagsel ada wilayah Bengkulu serta Linggau itu kalau sudah ada dibangun ini maka suplay nya akan lebih baik dari Kota Palembang. Dikatakan Asep saat ini masih kerap dibawa oleh kendaraan pengangkut bahan bakar gas lebih menghambat waktu penyaluran. Namun apabila sudah ada pembangunan depot ini sangat aman karena penyuplai gas yang ada masih melewati jalur Kota Palembang.

“Kalau sudah ada depot maka kita juga dapat membackup kota lain. Biasanya kerap membawa kendaraan besar ini sangat lama sampainya kalau sudah ada pembangunan sangat cepat penyalurannya. Kalau Rencana kita pembangunan selesai tahun ini bulan September mendatang. Namun kita masih menunggu perizinannya,” tambah Asep.

Kepala Dinas ESDM Pemda Provinsi Bengkulu, Ahyan Endu mengatakan, Pertamina juga akan membangun jalur pipa Bahan Bakar Minyak di Bengkulu. Sedangkan progres saat ini masih menunggu perizinan pembangunan dari Pemerintah Pusat.

“Kita sedang mengajukan perizinan nya ke pemerintah pusat. Apabila sudah selesai maka secepatnya dibangun depot tersebut. Pertamina juga akan membangun jalur pipa baru bahan bakar minyak yang ada di Bengkulu ini sangat baik sekali,” sambung Ahyan.

Gubernur Bengkulu mengatakan upaya pembangunan depot gas elpiji oleh Pertamina ini sangat mendorong pembangunan daerah. Terutama ikut membantu perekonomian sektor usaha yang ada di Provinsi Bengkulu.

“Pertamina tadi membahas terkait pembangunan elpiji gas wilayah barat Sumatera. Kita sangat mendukung itu rencana dibangun dikawasan Pulau Baai. Selain itu tentu membantu kuota gas yang ada, seperti penyaluran akan lebih cepat,” pungkasnya. (Bro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *