Lapas Bengkulu Tidak Terima Kunjungan dan Kiriman Barang

Featured Hukum & Kriminal

RBO >>>  BENGKULU >>>  Menjelang penerapan new normal, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bengkulu, untuk seluruh Lapas dan Rutan yang ada di wilayah Provinsi Bengkulu, tidak menerima kunjungan dan kiriman barang dari luar. Seperti bahan makanan, pakaian, obat-obatan dan lainnya.

“Mulai bulan ini, para tahanan di Lapas tidak akan menerima barang dari luar Lapas,” ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Pujo Harianto pada radarbengkuluonline.com saat dihubungi di ruang kerjanya tadi siang .

Sedangkan untuk larangan kunjungan telah diterapkan, pihaknya mengklaim, sejak beberapa bulan lalu dan keluarga narapidana hanya diperkenankan untuk melakukan video call dengan anggota keluarga yang ada didalam Lapas.

Hal ini dipertegas oleh Kepala Lapas Perempuan Bengkulu, Yohani Widayanti, bahwa dalam menghadapi normal baru, pihaknya memperketat prosedur kesehatan. Selain itu, untuk tahanan yang baru masuk ke Lapas, akan diperiksa terlebih dahulu suhu tubuhnya dan melakukan tes kehamilan, serta tes narkotika.

Kemudian, lanjut Yohani, narapidana tersebut akan diisolasi terlebih dahulu selama 14 hari. Kemudian tahanan tersebut akan dimasukkan ke dalam kamar tersendiri. “Setelah itu, baru narapidana tersebut baru diperbolehkan bergabung dengan narapidana perempuan lainnya,” kata Yohani.

Maka dari itu, untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 didalam Lapas, setiap narapidana disarankan untuk menggunakan masker, sering mencuci tangan dan tetap menjaga jarak satu sama lainnya. (ach)

BERBAGI:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *