PPDB di Bengkulu Dimulai 22 Juni – 4 Juli 2020

Featured Pendidikan

Daya Tampung PPDB SMA/SMK 36.880 Peserta

RBO   >>> BENGKULU >>>   Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu, terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020-2021, pihaknya masih menghitung jumlah daya tampung kuota siswa SMA/SMK se-Provinsi Bengkulu. Walaupun, dari data sementara kuota yang diterima mencapai angka 36.880 peserta.

Dari kuota daya tampung sementara itu, jumlah tersebut lebih rendah dari tahun lalu sebanyak 39.928 peserta calon didik baru. Plt Kepala Dikbud Provinsi Bengkulu, Drs Eri Yulian Hidayat melalui koordinator PPDB tahun ajaran 2020/2021, Zahirman Aidi M. TPd mengatakan, data tersebut masih terus difinalisasikan. Apakah ada penambahan kuota atau tidak.

“Dari 36.880 itu, dengan rincian daya tampung untuk kuota SMK sebanyak  14.486, sedangkan 22.054 siswa. Finalisasi data tersebut, telah disampaikan melalui sosialisasi secara virtual bersama kepala Cabang Dinas (Cabdin) Dinas Dikbud Kabupaten/Kota beserta Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) se-Provinsi Bengkulu untuk disempurnakan lagi,” ujar Zahirman saat dihubungi radarbengkuluonline.com tadi siang .

Dijelaskannya, selain pemaparan peraturan Gubernur, petunjuk teknis lainnya juga termasuk finalisasi
kesiapan pelaksanaan PPDB, seperti jadwal pelaksanaan, alur pendaftaran hingga daya tampung.

“Jadwal pelaksanaan PPDB, akan dimulai 22 Juni sampai 4 Juli 2020, dengan kategori empat jalur. Yaitu prestasi, afirmasi siswa yang tidak mampu, pindah tugas orang tua dan  zonasi. Pelaksanaan PPDB dilakukan dengan dua system daring/ Online dan Luring/Offline,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan PPDB secara offline, diperuntukkan untuk kawasan satuan pendidikan belum terakses dengan jaringan internet. “Kami mengimbau, bagi sekolah yang belum terakses internet, diharapkan dapat melaporkan ke Dikbud. Seperti Kaur, Bengkulu Utara dan rencananya akan difinalisasikan,” katanya.

Sedangkn untuk pelaksanaan PPDB online, Dikbud Provinsi telah mempersiapkan Teknologi Informasi (IT), supaya tidak ada gangguan selama proses PPDB online berlangsung nantinya. Alhamdulillah, IT nya sudah siap. Ada dua situs yang akan digunakan. Baik untuk SMA maupun SMK.

Maka dari itu, ditengah pandemi Covid-19, pelaksanaan PPDB SMA/SMK supaya tetap diminta mengikuti anjuran protokol Covid-19, supaya tidak ada siswa/siswi ataupun walimurid yang berkerumun di sekolah. Karena semua aktifitas telah dilakukan secara online. “Untuk sekolah yang masih offline, wajib menjaga jarak, dan sekolah menyediakan tempat cuci tangan. Pendaftaran PPDB secara online akan dibuka di website pendaftaran, diawali dengan pembukaan PPDB jalur prestasi nantinya,” tuturnya.

Jalur prestasi, siswa hanya boleh memilih satu sekolah. Setelah mendaftar,maka sistem akan langsung mengunci. Calon peserta tidak bisa mendaftar ke sekolah lain. Karena, jika dibiarkan bebas memilih sekolah sasaran, akan mengurangi daya tampung siswa lain. Jika tidak lolos di jalur prestasi, bisa mendaftar ke jalur zonasi.

“Kami mengajak masyarakat Bengkulu, untuk mengawal proses PPDB tersebut dengan aman. Supaya dapat berjalan dengan bagus, tidak melanggar protokol kesehatan Covid-19,” tutupnya. (ach)

 

Kuota PPDB sementara SMA/SMK se-Provinsi Bengkulu

Kota Bengkulu SMA 4.776, SMK 2.892
Bengkulu Utara SMA 2.788, SMK 2.276
Rejang Lebong SMA 2.686, SMK 2.788
Bengkulu Selatan SMA 2.550, SMK 1.190
Seluma SMA 1.938, SMK 918
Kaur SMA 1.428, SMK 918
Mukomuko SMA 2.080, SMK 954
Lebong SMA 918, SMK 1.020
Kepahiang SMA 1.496, SMK 1.326

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.