65 dari 105 Pasien Covid-19 Sembuh

Featured Kesehatan Pemda Provinsi

Tambah 1 Positif, Waspada Sembuh Jangan Kambuh

RBO, BENGKULU – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, H.Herwan Antoni, SKM, M.Kes, M.Si, mengatakan sudah 65 dari 105 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh. Jangan lengah tetap waspada. Sebab bisa saja kembali terpapar virus tersebut. Mengingat belum ada secara resmi WHO atau Kementerian Kesehatan menyampaikan, kasus positif tidak lagi terpapar Covid-19.

“Artinya risiko terpapar lagi itu masih memungkinkan terjadi,” ujar Herwan Antoni pada radarbengkuluonline.com. Dari ke 65 pasien dinyatakan sembuh itu, apakah karena diberikan obat? Menurutnya, bagi pasien yang positif tentunya sesuai standar penanganan Covid-19. Yaitu diberikan obat dan terapi. Kalau dari terapi yang diberikan oleh dokter penganggungjawab. Bisa saja dokter dari rumah sakit, ataupun dari puskesmas pusat karantina.

Lalu Obat Apa?

“Untuk obat yang diberikan, itu hanya bersifat suport saja. Sebab, sampai saat ini, belum ada ditemukan baik itu obat dan terapi khusus untuk penanganan Covid-19. Obat yang diberikan seperti asetaminofen, Klorofil, vitamin, suplemen dan lain-lain,” jelasnya.

Tambah 1 Positif

Lagi, lagi dan lagi, kasus konfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Bengkulu bertambah. Berdasarkan rilis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi per tanggal 17 Mei 2020, terdapat 1 penambahan positif dan 2 pasien dinyatakan sembuh.

“Untuk 1 penambahan kasus positif hari ini (Rabu-red), kasus 105, jenis kelamin perempuan, umur 43 tahun. Alamat Kota Bengkulu. Keluhan nyeri ulu hati dan hilang penciuman. Saat ini melakukan isolasi mandiri. Sedangkan untuk 2 pasien yang dinyatakan sembuh, yaitu kasus 32, jenis kelamin laki laki , umur 57 tahun, alamat Kabupaten Seluma. Kasus 66, laki-laki, umur 46 tahun, alamat kabupaten Bengkulu Utara. Jadi, Total pasien sembuh sebanyak 65 orang,” ujar Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jaduliwan SE, M.M pada konfrensi persnya kemarin.

Selain itu, terdapat penambahan hasil pemeriksaan rapid test dinyatakan reaktif sebanyak 9 orang. Hingga kini, sudah 211 orang dinyatakan reaktif. Berikut rincian 9 orang dinyatakan reaktif, pertama, Tn. Tel, laki-laki, umur 35 tahun, alamat Kabupaten Bengkulu Utara. Tidak ada keluhan. Akan dilakukan pengambilan Swab. Saat ini melakukan isolasi mandiri.

Kedua, Ny. Jau, perempuan, umur 62 tahun, alamat Kabupaten Kepahiang. Keluhan lemas dan pucat. Akan dilakukan pengambilan Swab. Saat ini melakukan isolasi mandiri.
Ketiga, Tn. H.V.E, laki-laki, umur 46 tahun, alamat Kota Bengkulu. Tidak ada keluhan. Akan dilakukan pengambilan Swab. Saat ini melakukan isolasi mandiri.
Keempat, Tn. R.B.S, laki-laki, umur 46 tahun, alamat Kota Bengkulu. Tidak ada keluhan. Akan dilakukan pengambilan Swab. Saat ini melakukan isolasi mandiri.
“Kelima, Ny. Rah, perempuan, umur 51 tahun, alamat Kabupaten Bengkulu Selatan. Akan dilakukan pengambilan Swab. Saat ini melakukan isolasi mandiri.
Keenam, Ny. R.J, perempuan , umur 51 tahun. alamat Kota Bengkulu. Tidak ada keluhan. Akan dilakukan pengambilan Swab. Saat ini melakukan isolasi mandiri.
Ketujuh, Tn. D.B, laki-laki, umur 27 tahun, alamat Kota Bengkulu. Tidak ada keluhan. Akan dilakukan pengambilan Swab. Saat ini melakukan isolasi mandiri.
Delapan, Ny. Hj. Nir, perempuan, umur 58 tahun, alamat Kota Bengkulu. Tidak ada keluhan. Akan dilakukan pengambilan Swab. Saat ini melakukan isolasi mandiri.
Sembilan, Ny. Sel, perempuan 57 tahun, alamat Kota Bengkulu. Tidak ada keluhan. Akan dilakukan pengambilan Swab. Saat ini melakukan isolasi mandiri,” jelasnya.

Sedangkan untuk perkembangan kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) se-Provinsi Bengkulu sebanyak 838, ODP selesai pemantauan 752, ODP masih dalam pemantauan 86, tambahan ODP hari ini nihil. Total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 70, PDP yang dinyatakan sehat 12, PDP menjadi konfirmasi 9, PDP proses pengawasan/dirawat 28, PDP meninggal 21 orang. Selain itu, jumlah sampel yang diperiksa di laboratorium sebanyak 1.622, sampel positif 105, sampel yang proses pemeriksaan 15, jumlah sampel yang keluar hasil hari ini 13, dengan rincian, 1 positif dan 12 negatif. “Rapid test yang sudah dilakukan se-Provinsi Bengkulu 11.655, rapid test yang unreaktif 11.444, rapid test yang reaktif 211. Untuk kasus positif 105, pasien sembuh 65 orang, dirawat 8 orang, pasien isolasi mandiri/dalam pengawasan 26 orang, pasien meninggal 6 orang,” tutupnya. (ach)

BERBAGI:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *