Rohidin-Rosjonsyah, Helmi-Dedy Vs Agusrin-Izda/Imron atau Hijazi-Anarulita

Featured Pemda Provinsi Politik

NasDem ke Helmi, Sisa 12 Kursi Direbutkan 3 Paslon

RBO, BENGKULU – Belum final! Namun prediksi peta dukungan dari 11 Parpol pemilik 45 kursi DPRD Provinsi Bengkulu guna mengusung kandidat Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu sudah dapat dipetakan. PKS dan Golkar yang sudah memastikan dukungan Cagub Dr H. Rohidin Mersyah yang masih menunggu kepastian dukungan dari PDIP. Juga sudah ada PAN, NasDem serta Hanura yang juga hampir final akan mengusung Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan SE dalam Pilgub nanti.

“Saat ini, masih tetap posisinya dua kader terbaik kita, Ketua DPW yang juga Bupati Benteng dua periode Dr H. Ferry Ramli serta petahana Wagub H. Dedy Ermansyah. Dan dalam minggu ini akan diputuskan karena dalam masa survey saat ini DPP akan rapat sebelum memutuskan siapa yang akan diusung nanti sebagai Cawagub dari kader NasDem. Dan untuk Bakal Cagubnya, kemungkinan besar NasDem dengan PAN yaitu H. Helmi Hasan,” ungkap Sekretaris DPW Partai NasDem Provinsi Bengkulu, Hj. Erna Sari Dewi SE saat diwawancarai sedang berada di teras DPRD Provinsi Bengkulu, Senin (22/6).

Sebelumnya dari Wakil Ketua I DPW PAN Provinsi Bengkulu Dempo Xler S.IP, M.AP juga memastikan bahwa PAN akan mengusung Ketua DPW H. Helmi Hasan sebagai Cagub dalam Pilgub mendatang, “Sejauh ini dari lima Parpol yang sudah berkumpul dimana ada PAN, NasDem, PPP, Hanura dan Demokrat. Ada yang mengusulkan nama kader mereka dan ada yang tidak. Saat ini, siapa yang akan ditetapkan menjadi pasangan Bang Helmi nanti, masih harus kita bicarakan kembali bersama Parpol koalisi. Yang jelas kami sudah bertemu lima Parpol dan kompromi, sekarang kita melihat elektabilitas dan peluangnya untuk menang. Selain itu, soal komitmen kita juga sudah ada komitmen dengan parpol calon koalisi tersebut. Saat ini siapa yang akan menjadi pasangan Bang Helmi nanti di Pilgub, masih belum bisa dipastikan. Beberapa hari lalu mencuat Helmi-Dedy Ermansyah, juga kemarin sempat beredar Helmi-Hijazi, atau Helmi-Ferry Ramli. Karena memang mereka masuk nama-nama yang dibahas, Hijazi, Dedy Black, Herliardo, Muslihan dan Ferry Ramli. Kalau kemungkinan Helmi berpasangan dengan Rohidin atau Agusrin, saya rasa itu tidak. Kecuali Rohidin atau Agusrin mau jadi calon wakilnya,” tukas Dempo.

Adapun dari Sekretaris DPD Partai Hanura Provinsi Bengkulu, Usin Abdi Syah Putra Sembiring SH, MH juga pernah mengatakan, Helmi Hasan berpeluang diusung oleh Hanura apalagi jika menggandeng Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Bengkulu H. Muslihan DS sebagai wakilnya.

“Hanura tentu akan mendukung Cagub yang siap menggandeng kader partai Hanura salah satu yang kami tawarkan adalah Ketua DPD Pak Muslihan, dimana beliau sosok yang sangat layak dan pantas dengan pengalamannya selama menjadi Bupati serta pernah menjadi anggota dewan Provinsi Bengkulu, Pak Muslihan sangat layak untuk menjadi pemimpin di Provinsi Bengkulu,” kata Usin.

Sementara itu, dari Ketua Fraksi Golkar Provinsi Bengkulu Drs H. Sumardi MM membeberkan bahwa malam kemarin, sudah ada pertemuan antara Partai Golkar dengan PKS terkait dukungan untuk Pak Rohidin.

“Karena PKS sudah menyampaikan dukungan secara resmi untuk Ketua DPD Kami Pak Rohidin Mersyah sebagai Cagub yang akan kita usung. Dan untuk calon wakil diserahkan kepada Pak Gubernur. Nanti akan pembicaraan kembali akan dilanjutkan dengan pembentukan tim, tapi sambil menunggu partai koalisi calon pengusung yang sudah ditunggu. Untuk pasangan karena masih ada partai politik yang kita tunggu, maka pembahasan pasangan masih menunggu, saat ini kita masih wait and see dulu,” kata Sumardi.

Untuk diketahui dalam Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu tahun ini, syarat minimal mendaftarkan Paslon diusung oleh 20 persen jumlah kursi di DPRD dari total 45 kursi yang artinya minimal didaftarkan ke KPU oleh Sembilan kursi.

Menurut pengamat politik dari Universitas Bengkulu Drs Azhar Marwan M.Si melihat komposisi jumlah kursi serta konstalasi politik di daerah saat ini, bukan tidak mungkin Pilkada Gubernur Bengkulu akan diikuti oleh tiga Paslon. “Dari total 45 kursi DPRD Provinsi Bengkulu yang ada saat ini dan dimiliki oleh 11 Parpol, kemungkinan bisa diikuti oleh dua atau tiga paslon. Namun jika terjadi koalisi gemuk tentu Pilkada nanti berpeluang head to head,” kata Azhar Marwan. (idn)

Prediksi:

Bakal Paslon: Rohidin-Rosjonsyah

Prediksi Dukungan Parpol : Golkar = 7 Kursi
PDIP = 7 Kursi
PKS = 3 Kursi
Total = 17 Kursi

Bakal Paslon : Helmi-Dedy Ermansyah/Helmi-Ferry Ramli

Prediksi Dukungan Parpol : PAN = 2 Kursi
Hanura = 3 kursi
PPP = 1 Kursi
Demokrat = 5 Kursi
NasDem = 5 Kursi
Total = 16 Kursi

Parpol Belum Tentukan Dukungan Paslon : PKB = 4 Kursi
Perindo = 2 Kursi
Gerindra = 6 Kursi
Total = 12 kursi

Kandidat Paslon berpeluang didukung 12 kursi dari tiga Parpol : Agusrin-Imron/Agusrin-Izda atau Hijazi-Anarulita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *