5 Besar Juara di Sekolah Boleh Mendaftar Jalur Prestasi

Featured Kota Bengkulu

Hari Ini, Pendaftaran PPDB Jalur Prestasi dan Orangtua Pindah Tugas

RBO >>> BENGKULU >>>  Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu, Nopri Walihan, S.Pd, MM mengatakan, bagi calon siswa yang mendaftar jenjang SMP pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020-2021, siswa yang meraih 5 besar juara di sekolah boleh mendaftar jalur prestasi. Pendaftaran dibuka mulai dari tanggal  25 dan 26 Juni 2020, tepatnya hari ini.

“Ya, pendaftaran jalur prestasi, pindah tugas, dan tamatan tahun sebelumnya yang belum sekolah, baik jenjang SD ataupun SMP, akan dilayani langsung oleh Dikbud Kota. Jadi bagi calon siswa yang punya prestasi, ataupun orangtuanya pindah tugas, pendaftaran sudah dibuka mulai hari ini (Kamis-red),” ujar Nopri pada radarbengkuluonline.com  tadi siang.

Walaupun dilayani langsung oleh pihak Dikbud, namun tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Untuk jalur prestasi, bagi calon siswa yang gugur ditempat sekolah yang dituju, calon siswa itu bisa mendaftar lagi di jalur zonasi (wilayah domisili sekolah dekat tempat siswa tinggal), di tanggal 29 Juni sampai 2 Juli 2020.

“Untuk jalur prestasi, diprediksi tidak akan banyak yang mendaftar. Sebab, harus menyertakan sertifikat prestasi nonakademik yang pernah diraih oleh siswa tersebut. Misalnya, menjuarai O2SN dan lainnya. Intinya, bukan prestasi abal-abal. Selain itu, ada tambahan untuk persyaratan jalur akademik ada kebijakan baru. Untuk peraih 5 besar di sekolah asal itu termasuk kategori bisa menggunakan jalur prestasi, tapi dikarenakan jumlahnya akan banyak, setiap sekolah ada perwakilan 5 besarnya, maka dari itu jalur prestasi kami mulai buka pendaftaran terlebih dahulu, pindah tugas orangtua, supaya dapat mengantisipasi sudah berprestasi, tapi tereleminasi diseleksi pada sekolah yang dituju, sehingga masih punya kesempatan untuk mendaftar di jalur zonasi,” terangnya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Nopri, calon siswa yang mendaftar jalur prestasi harus pilih salah satu. Misalkan memilih SMPN 1 atau SMPN 2 Kota Bengkulu, nantinya di sekolah yang dituju akan ada perangkingan, otomatis dengan kuota yang tersedia jalur tersebut, sesuai perangkingan tadi kalau tereleminasi masih ada kesempatan berikutnya.

” Berikut jadwal PPDB tingkan SD dan SMP tahun ajaran 2020-2021, tanggal 25 dan 26 Juni 2020, penerima berkas prestasi, orangtua pindah tugas, dan tamatan tahun sebelumnya, pukul 08.00 sampai 14.00 WIB, di Aula Dikbud Kota. Tanggal 29 Juni sampai 2 Juli 2020, pengembalian berkas prestasi, afirmasi, dan tamatan sebelumnya, pukul 08.00 sampai 12.00 WIB, di Aula Dikbud Kota. Tanggal 29 Juni sampai 2 Juli 2020, pendaftaran online jalur zonasi, prestasi, afirmasi, dan pindah tugas orangtua, di Web PPDB online. Tanggal 29 Juni sampai 2 Juli 2020, verifikasi berkas pendaftaran online, di sekolah yang dituju,” tutupnya. (ach)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *