Rimbo Kedui Ditetapkan Sebagai Kampung Tangguh Nusantara

Featured Seluma

RBO, SELUMA – Kelurahan Rimbo Kedui, Kecamatan Seluma Selatan ditetapkan sebagai Kampung Tangguh Nusantara (KTN). Kapolres Seluma, AKBP. Swittanto Prasetyo S.IK melalui Waka Polres, Kompol Napoleon mengatakan ditetapkannya Kelurahan Rimbo Kedui sebagai Kampung tangguh Nusantara berdasarkan kriteria dan penilaian kelayakan, baik dari segi kesiapan, keamanan, kelengkapan fasilitas dan ketersediaan pangan serta kriteria tertentu lainnya.

Selain itu, dengan ditetapkannya kampung tangguh Nusantara , Kelurahan Rimbo Kedui yang merupakan eks desa Transmigrasi tertua di Kabupaten Seluma ini diharapkan mampu meminimalisasi dan menangkal penyebaran virus Corona. “Program tersebut juga bertujuan untuk menyiagakan desa hadapi Covid-19,” kata Waka Polres, Kompol. Napoleon, Kamis (26/6).

Sementara itu, Wakil Bupati Seluma, Drs.Suparto M.Si menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Polres bersama pihak terkait lainnya yang sudah mencanangkan program Kampung Tangguh Nusantara. “Yang utama tentunya masyarakat sehat semuanya dulu. Kelurahan Rimbo Kedui memang layak ditetapkan sebagai Kampung Tangguh Nusantara karena masyarakatnya menjaga pola hidup sehat, areal pertaniannya luas dengan hasil yang maksimal. Selain itu didukung kelengkapan fasilitas, sarana dan prasarana yang ada. Seperti irigasi dan fasilitas umum lainnya,” kata Wabup, Kamis (25/6)
Wabup menambahkan perlunya persiapan dalam menghadapi New Normal. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Seluma dan Polres Seluma bersinergi untuk pencanangan pembentukan desa tangguh nusantara.

“Dengan ditetapkannya sebagai Kampung tangguh Nusantara, semoga kedepannya masyarakat Rimbo Kedui khususnya dan masyarakat Seluma pada umumnya makin tangguh dalam berbagai bidang,” kata Suparto.

Disisi lain, dibentuknya kampung Tangguh Nusantara bertujuan agar masyarakat dapat mempunyai kemampuan dan kemandirian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayahnya. “Tangguh kesehatan jasmani dan rohani, tangguh sosial ekonomi, tangguh keamanan, tangguh informasi dan kreativitas,” kata dia.

Sementara, Lurah Rimbo Kedui, Kecamatan Seluma Selatan, Karma Tirani mengaku bangga dan menyampaikan terima kasih kepada pihak terkait dengan dipilihnya wilayahnya sebagai kampung tangguh Nusantara. “Ikuti protokol kesehatan, kampung bersih masyarakat sehat,” sampainya.

Penetapan Kelurahan Rimbo Kedui Kecamatan Seluma Selatan sebagai Kampung tangguh Nusantara ditandai dengan launching penebaran bibit ikan nila dan penanaman bibit jagung di areal lahan milik petani. (0ne)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *