Alhamdulillah, Seluruh Desa di Kecamatan Pino Sudah Salurkan BLT

Bengkulu Selatan Featured

BLT Kelurahan Masih Menunggu Perbup

RBO, MANNA – Kinerja yang patut diapresiasi sudah dilakukan oleh seluruh Pemerintah Desa di Kecamatan Pino saat ini. Sebab sudah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai(BLT) untuk masyarakat yang terdampak Covid – 19.

Kepala Kecamatan Pino, Surahman S.Sos.M.Kes menjelaskan bahwa penyaluran BLT sudah dilakukan oleh 15 Desa yang ada di Kecamatan Pino Bengkulu Selatan. “Dari semua desa yang ada di Kecamatan Pino sudah menyalurkan BLT tahap satu dan tahap dua yang dilakukan sesuai aturan yang dikeluarkan oleh Menteri,” kata Surahman di ruang kerjanya, Rabu(01/07).

Mengapa semua desa ada yang baru selesai tahap satu dan tahap dua tidak merata. Semua itu diakibatkan bahwa adanya perubahan yang terjadi di beberapa desa dan dalam menetukan siapa yang berhak untuk mendapatkanya. Dengan dilakukan Musyarawarah Khusus(Musdesus) sebelum benar – benar ditetapkan.

Salah satu yang melakukan Musdesus seperti Desa Padang Lebar yang dari awal yang sudah ditentukan dari tim relawan, Pemerintah Desa, Pendamping Desa, Bahkan dihadirkan Babinsa dan Babainkamtibmas tapi masyarakat belum puas.

“Dari hasil penetapan Kepala Keluarga (KK) yang menerima 50 KK menjadi 54 KK untuk Musdesus tahap dua dan itu menjadi kendala dalam penyaluran BLT,” jelasnya.

Untuk BLT Kelurahan Kecamatan Pino masih menunggu perubahan Perbup dari Bupati bagaimana tata cara mekanisme pembagiannya. Agar kedepanya tidak terjadi kericuhan yang tidak diinginkan.
Sementara itu, Kasi Trantib Kecamatan Pino, Yanto menjelaskan memang betul dari 15 Desa ada yang baru tahap satu ada juga yang sudah tahap dua dalam penyaluran BLT.

Sedangkan untuk BLT Kelurahan memang belum dibagikan karena masih menunggu Perbup dari Bupati dan akan dibagikan di 4 RT, Sedangkan BLT ada juga desa yang sudah membagikan untuk tahap tiga. “Kami meminta dalam penyaluran BLT ini Pemerintah Desa untuk memberitahukan pelaksanaannya dan melaporkannya dan kiranya setiap penyaluran Kepala Desa memita rekomendasi dari Kecamatan,” singkat Yanto.(afa)

BERBAGI:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.