Kembangkan Potensi Wisata Air Alami Lemew Pelwon Benteng

Bengkulu Tengah Featured

RBO, BENTENG – Hingga detik ini, masih banyak potensi objek wisata yang ada di Kabupaten Benteng belum tergarap secara maksimal. “Potensi wisata daerah kita ini cukup banyak. Mulai dari wisata pegunungan, wisata air terjun, wisata sejarah, wisata danau dan sungai, hingga wisata pantai. Tapi, cukup banyak pula potensi itu yang belum tergarap,” terang Kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Tengah Gunawan Wibisana S.Stp,MH.

Diterangkan, untuk menentukan potensi wisata diperlukan empat syarat khusus. Seperti, keamanan, pengamanan, sarana dan pra-sarana, serta efektifitas. “Sebagian objek wisata masih jauh dari jalur transportasi. Sedangkan di daerah lain sebuah objek wisatannya dapat berkembang dengan baik karena mudah diakses dari jalan utama. Sehingga, memudahkan pengunjung untuk menjangkau tempat wisata itu,” bebernya.

Tapi, sambungnya, bukan berarti potensi wisata itu tidak dapat berkembang dan menjadi lebih baik.

“Seharusnya peluang itu mampu ditangkap oleh masyarakat dilingkungan setempat untuk mengembangkan potensi wisata. Justru berangkat dari masyarakat dari masyarakat setempat sebuah potensi akan terwujud menjadi objek wisata,” terangnya.

Oleh sebab itu, perlu adanya dorongan dari masyarakat untuk menangkap peluang yang ada itu dengan menghidupkan wisata dilingkungannya.

Untuk merealisasikan hal itu tidak mudah sambungnya. Sebab, membutuhkan waktu dan kesabaran tersendiri untuk mendorong masyarakat agar bisa menggarap potensi wisata itu.

“PAD kita masih minim untuk menggarap semua potensi wisata itu. Untuk mengakalinya, perlu ada kreativitas masyarakat untuk bisa menarik wisatawan. Sehingga potensi yang ada dapat terkelola dengan baik,” tutupnya. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *