Pelayanan 1 Juta Akseptor Bengkulu Raih Peringkat Tiga Nasional

Featured Pemda Provinsi Sosial & Budaya

RBO, BENGKULU – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27 Tahun 2020 yang puncaknya di gelar pada akhir Juni belum lama ini. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) secara serentak gelar pelayanan KB di sejumlah wilayah provinsi di tanah air.

Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui BKKBN setempat pada 29/6 gelar pelayanan serupa melalui gerakan bersama BKKBN dan Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (PD-IBI) Provinsi Bengkulu untuk mencapai sasaran nasional sebanyak satu juta akseptor.

Pada gerakan serentak itu, BKKBN Provinsi Bengkulu meraih peringkat tiga besar nasional dengan capai 186,2 persen dari sasaran sebanyak 9.550 peserta atau sebanyak 17.779 akseptor. Setelah Provinsi Aceh dengan capaian sebesar 315,1 persen dan Daerah Istimewah Yogyakarta (DIY) yang meraih 223,5 persen atau sebanyak 18.212 akseptor, kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Ir. Rusman Efendi, MM kepada wartawan di Bengkulu baru-baru ini.

” Kita meraih peringkat tiga nasional dari 34 provinsi di tanah air “

Keberhasilan dalam perolehan peserta KB sebanyak itu atas dukungan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota. Dan tidak terlepas kerjasama dengan PD IBI Provinsi Bengkulu.

Dikatakan Rusman, peserta sebanyak itu dengan menggunakan sejumlah jenis dan metode kontrasepsi, intera uterine device (IUD) 472 peserta, Medis Operatif Wanita (MOW) 11 dan Medis Opetarif Pria (MOP) satu peserta, kondom 2.693, implant sebanyak 3.592 peserta, suntik mencapai 3.804 peserta dan kontrasepsi jenis pil terdapat 7.216 akseptor, kata Kepala BKKBN.

Rusman menambahkan, pelayanan serentak itu digelar pada 179 fasilitas kesehatan (Faskes) yang tersebar di sejumlah daerah kabupaten/kota. Hal itu guna mempermuda akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan KB. Sehingga dengan demikian akan menekan droup out peserta KB selama masa pandemi Coronavirus disease 2019 (Covid-19) yang mewabah sejak Maret lalu.

Secara terpisah Kepala Bidang Advokasi dan Penggerakan Informasi (ADPIN) BKKBN Provinsi Bengkulu Drs Zainin menyebutkan, Bhaktisosial dalam rangka peringati Harganas dan HUT IBI ke 69 tahun 2020 itu berlangsung di 179 faskes tersebar di sejumlah wilayah kabupaten/kota. Terdapat di Kabupaten Seluma dan Bengkulu Utara masing-masing sebanyak 22 faskes, Kota Bengkulu dan Bengkulu Tengah masing-masing 20.

Dan pelayanan gerakan bersama itu terdapat di Kabupaten Rejang Lebong Sebanyak 21 faskes, Kabupaten Mukomuko sebanyak 17, Kabupaten Lebong terdapat 13 faskes, Kabupaten Kaur terdapat 16 faskes serta Kabupaten Kepahiang dan Bengkulu Selatan masing-masing terdapat 14 faskes.

Selain pelayanan di 179 faskes, pada hari yang sama pihaknya juga kerjasama dengan Rumah Sakit Gading Medika dalam melayani peserta KB steril wanita dan pria, yang dikenal dengan medis operatif pria (MOP) atau vasektomi dan medis operatif wanita (MOW) atau tubektomi.

Dikatakan Zainin, dalam mencapai sasaran sebanyak itu selain melibatkan petugas KB (PKB) sebanyak 287 orang juga akan bekerjasama dengan tenaga kesehatan serta ribuan kader KB desa yang terdapat di 1.513 desa di Provinsi Bengkulu.

” Kita mengapresiasi atas kerjasama sejumlah mitra dan petugas dalam mensukseskan dan berhasil meraih peringkat tiga nasional “. Keberhasilan itu diharap dapat memberikan nilai-nilai pembangunan kependudukan di masyarakat dan pemerintah, pungkasnya. (rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *