Dewi Coryati Terus Kawal Program Bidik Misi dan KIP

Featured Pemda Provinsi Pendidikan

Tahun Ini, 1.018 Mahasiswa Bengkulu Dapat Bantuan Tunai

RBO, BENGKULU – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menyediakan sebanyak 1.018 Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah untuk calon mahasiswa yang ada di Provinsi Bengkulu.

“Tahun ini akan ada 1.018 orang mahasiswa di Bengkulu yang akan mendapatkan bantuan tunai pendidikan bidik misi dari pemerintah,” ungkap Anggota Komisi X DPR RI Hj. Dewi Coryati M.Si, saat dihubungi radarbengkuluonline.com, Jumat (3/7).

Menurut Dewi, dari hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kemendikbud, ada perbedaan KIP Kuliah tahun ini dengan sebelumnya.  Dimana lantaran pandemi Corona Virus Disease (Covid 19) ini, secara tidak langsung telah berdampak terhadap mahasiswa dan calon mahasiswa, maka akan diberikan beasiswa perkuliahan dimulai dari semester satu. Lalu ada juga untuk mahasiswa semester III. Karena tahun sebelumnya tidak ada.

Hal itu dilakukan agar jangan sampai calon mahasiswa dan mahasiswa, berhenti mengikuti jenjang pendidikannya di tengah pandemi ini. “Adanya peluang baru bagi calon mahasiswa dan mahasiswa semester III tersebut, karena aspirasi dari anggota DPR RI, sehingga saya yang berasal dari daerah pemilihan (dapil) Provinsi Bengkulu akan mengawal sekaligus memperjuangkan agar calon mahasiswa dan mahasiswa yang duduk di bangku perkuliahan bisa mendapatkan program ini. Karena kuotanya ada 1.018 untuk Provinsi Bengkulu,” terangnya.

Lebih lanjut ditambahkan Anggota DPR RI dari Fraksi PAN ini, untuk kuota program KIP Kuliah ini secara nasional mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya 784.503 orang mahasiswa, menjadi 1.102.442 orang mahasiswa, dengan 1.018 orang mahasiswa kuotanya untuk Provinsi Bengkulu.

“Alhamdulillah juga kuota untuk Bengkulu ini naik 100 persen ketimbang tahun lalu hanya sebanyak 509 orang. Kita harus berbangga dan diharapkan tidak ada lagi generasi penerus bangsa di Bengkulu yang putus kuliahnya karena terkendala biaya pendidikan,” pungkas Dewi.

Untuk diketahui, bagi mahasiswa mahasiswa pemegang KIP Kuliah dalam satu semester menerima uang Rp 6.600.000. Dengan rincian Rp 2.400.000 uang kuliah, dan Rp 4.200.000 untuk biaya hidup mahasiswa, atau perbulannya senilai Rp 700.000 langsung dikirim ke rekening mahasiswa. Sedangkan uang kuliah ditransfer ke rekening kampus dari mahasiswa bersangkutan.(idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *