Positif Covid-19 di Kepahiang Bertambah 3 Orang

Featured Kepahiang

RBO, KEPAHING – Kasus terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Kepahiang kembali bertambah. Sebab, berdasarkan hasil pemeriksaan sampel swab, tiga orang warga Kecamatan Kabawetan, divonis positif Covid-19. Mereka merupakan hasil tracking dari pasien 05, yang meninggal pada Minggu, 28 Juni lalu.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepahiang, H. Tajri Fauzan, M.Si menjelaskan, tiga orang yang dinyatakan positif itu, pertama 06 istri pasien 05. Kedua 07, ibu kandung pasien 05, dan 08 kerabat dekat pasien 05. “Pasien 08 itu pernah membesuk pasien 05. Sementara pasien 06 dan pasien 07 merupakan keluarga pasien 05,” jelas Tajri.

Pasien 06, 07, dan pasien 08 ini, sambung Tajri, harus diisolasi dengan disiplin di rumah isolasi yang sudah disiapkan. Yaitu, berada di Kecamatan Kabawetan. Mereka diawasi dengan ketat oleh gugus tugas. “Supaya tidak menyebar kemana-mana. Pasien 06, 07 dan pasien 08 harus kita isolasi dengan ketat. Dan jangan sampai ada lonjakan kasus yang signifikan,” ungkap Tajri.

Pasca penambahan kasus ini, tambah Tajri, pihaknya kembali melakukan tracking. Jika ditemukan rapid tes yang positif dalam tracking pasien 06, 07 dan pasien 08 ini, maka pihaknya langsung melakukan pengambilan sampel swab. “Orang yang pernah kontak erat dengan yang positif ini. Langsung kita swab. Dengan harapan hasil swabnya menunjukkan negatif,” tambah Tajri.

Untuk diketahui, pasca pasien 05 dinyatakan positif oleh gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu, pihaknya langsung melakukan tracking. Hasilnya ada sekitar 16 orang. Dari 16 orang tersebut, saat ini sudah 3 orang dinyatakan positif terpapar Covid-19, berdasarkan dengan hasil pemeriksaan sampel swab.
Diketahui juga, pasien 05 itu berprofesi sebagai pengepul sayuran ke Bengkulu. Dan cluster atau penularannya dari pasar.(ide)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *