Dari Rumah Bung Karno, PDIP Bengkulu Kutuk Pembakar Bendera

Featured Politik

 

RBO >>>  BENGKULU >>>  Sejumlah pengurus DPD bersama DPC PDI Perjuangan se-Provinsi Bengkulu terus mendesak aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas peristiwa pembakaran bendera partainya yang terjadi dalam aksi demonstrasi yang berlangsung pada 24 Juni lalu di Jakarta. Desakan yang dilakukan kader partai berlambang Banteng Moncong Putih kali ini, dengan menggelar orasi singkat pada Sabtu, (4/7), bertempat di depan Rumah Pengasingan Bung Karno, Kota Bengkulu.

Dalam orasinya, Ketua DPD PDIP Provinsi Bengkulu Hj. Elva Hartati Murman S.Ip, MM menyatakan mengutuk keras pembakaran bendera partainya. Karena selaku kader partai, ia merasa terpanggil untuk mendorong agar aparat kepolisian dapat mengusut tuntas siapa pelakunya.

Apalagi sebelum aksi orasi bersama ini, pengurus DPD dan DPC PDIP se Provinsi Bengkulu juga telah melaporkan peristiwa pembakaran bendera partainya ini ke Polres setempat dan dapat diteruskan ke Polri, karena lokus kejadiannya berada di Ibukota Jakarta.

“Kami dari kader PDIP mendukung penuh aparat kepolisian untuk mengusut tuntas peristiwa pembakaran bendera partai kami. Pelakunya harus ditindak sesuai dengan aturan berlaku dan negara ini adalah negara hukum. Sehingga tidak bisa semena-mena begitu saja ada orang membakar bendera partai kita,” tegas Elva yang juga Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP ini.

Selain itu dijelaskan Elva, alasan pihaknya menggelar orasi di rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu yang juga menerapkan protokol kesehatan ini, karena sama diketahui Bung Karno adalah seorang Proklamator sekaligus pencetus Pancasila. Sehingga desakan agar aparat kepolisian mengusut tuntas pasca telah dilaporkan secara resmi peristiwa pembakaran bendera PDIP ini, sangat tepat dari rumah pengasingan Bung Karno Bengkulu.

“Kita punya AD ART dan bagi PDIP Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan harga mati, sehingga peristiwa pembakaran partai kami itu harus diproses secara hukum berlaku,” katanya.

Dalam kesempatan itu Ketua Dewan Pertimbangan Daerah (Deperda) DPD PDIP Provinsi Bengkulu, H. Dadang Mishal Yofthie Suud SH, MM juga menyampaikan orasi singkat tentang sejarah perjuangan Bung Karno di Bengkulu.

Dimana disebutkannya, selama pengasingan Bung Karno di Bengkulu telah menggagas persiapan Kemerdekaan Republik Indonesia dan merumuskan rancangan Pancasila.

Seusai orasi tersebut, pengurus DPD dan DPC se Provinsi Bengkulu yang dikomandoi Elva Hartati selaku Ketua DPD PDIP Provinsi, membagikan masker dan handsanitizer kepada sejumlah masyarakat yang melewati jalur jalan di depan Rumah Pengasingan Bung Karno, Kota Bengkulu, dalam rangka mendukung menuju kehidupan baru di tengah pandemi Covid 19. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *