Jadikan Kepahiang Sentra Penghasil Bawang

Featured Kepahiang

Bibit 150 H Disalurkan

RBO, KEPAHIANG – Dinas Pertanian bidang holtikultura Kabupaten Kepahiang, tahun ini berhasil mendapatkan bantuan bibit bawang untuk lahan 150 hektar. Bantuan tersebut hampir selesai disalurkan ke masing-masing Kelompok Tani (Poktan) sebagai penerima. Upaya Dinas Pertanian untuk mewujudkan Kabupaten Kepahiang, sebagai sentra penghasil bawang terbesar di Provinsi Bengkulu terus digalakkan. Selain membagikan bantuan bibit gratis, tim dari bidang holtikultura juga turun langsung ke Poktan penerima. Tujuannya untuk mensosialisasikan cara membudidayakan tanaman bawang dengan baik.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP, melalui Kabid Holtikultura, Budi, SP mengatakan, sebagian bantuan bibit tersebut sudah disalurkan melalui masing-masing Kelompok Tani (Poktan) yang menjadi penerima bantuan tersebut. “Yang masih dalam proses penyaluran. Yaitu, bibit bawang merah umbi seluas 50 hektar. Bawang merah biji 50 hektar, dan bawang putih seluas 50 hektar semuanya sudah disalurkan ke Poktan penerima,” kata Budi saat dikonfirmasi kemarin.

Bantuan bibit bawang merah dan bawang putih ini memang ada beberapa Kecamatan yang tidak kebagian, tetapi rata-rata semua petani bawang yang tergabung dalam Poktan di Kabupaten Kepahiang menjadi penerima. “Hampir semua petani bawang di Kabupaten Kepahiang menjadi penerima bantuan bibit bawang tersebut,” terang Budi.

Lanjut Budi, untuk mendapatkan bantuan bibit ini petani bawang harus mengajukan proposal usulan bantuan bibit melalui masing-masing Poktan. Kemudian proposal permohonan tersebut diverifikasi.
Program pengembangan bawang di Kabupaten Kepahiang, bukan tanpa alasan. Karena bawang merah merupakan tanaman yang sangat cocok dibudidayakan di wilayah Kabupaten Kepahiang, dan memiliki harga jual yang cukup menjanjikan. (ide)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *