DPRD Sayangkan Dana Rp 20 M Tidak Dipakai

Featured Pemda Provinsi

RBO >>> BENGKULU >>>  Wakil Ketua (Waka) Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Suimi Fales, SH, MH menyayangkan ada dana Rp 20 miliar di Sekretariat Pemda Provinsi Bengkulu tidak dibelanjakan tahun 2019. Padahal kalau digunakan, banyak yang bisa dibangun untuk rakyat. Hal ini terjadi karena perhitungan tidak matang.
Menurut politisi PKB ini, hal ni terungkap pada saat pihaknya membahas Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran (TA) 2019 bersama mitra komisi.

“Seperti saat pembahasan yang kita lakukan bersama Sekretariat Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu. Dimana pada tahun lalu total alokasi anggaran disana (Setdaprov, red) berkisar Rp 40 Miliar, namun dalam realisasinya tersisa sekitar Rp 20 miliar,” ungkap pria yang akrab disapa Wan Sui ini saat ditemui radarbengkuluonline.com Kamis (9/7).

Tentu saja, lanjut Wan Sui, dengan sisa itu, dalam pembahasan secara tidak langsung terungkap jika itu sampai terjadi lantaran kurang matangnya perhitungan saat menyusun perencanaan. Contoh sederhananya seperti ini, misal dalam setahun Setdaprov itu membutuhkan air mineral 1 dus, seharusnya yang dialokasikan itu tetap 1 dus saja. Tidak perlu dinaikkan menjadi 5 dus.

“Kalau dipaksakan tetap 5 dus, dan akhirnya 4 dus malah tidak terpakai. Akhirnya kan menjadi sisa. Apalagi sisanya tidak sedikit. Yakni mencapai Rp 20 miliar. Coba saja jika Rp 20 miliar itu dibangun jalan atau dibelikan bibit tanaman, kemudian dibagikan pada masyarakat, pasti dampaknya sangat besar. Kalau seperti ini kejadiannya, masyarakat yang dirugikan,” sesalnya.

Tak jauh berbeda juga disampaikan anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, H. Zainal, S.Sos, M.Si, terkait banyaknya sisa anggaran di sejumlah OPD, lantaran kegiatan tidak direalisasikan. Padahal anggarannya tersedia. “Kembali lagi, ini juga termasuk ada masalah pada perencanaannya dan sebaiknya bisa dijadikan bahan evaluasi,” tambah Zainal.(idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *