Alhamdulillah, Harga Sawit di Mukomuko Tembus Rp 1.300 /Kg

Featured Mukomuko

RBO >>> MUKOMUKO >>>  Lagi, harga tandan buah segar (TBS) atau buah sawit di Kabupaten Mukomuko terus mengalami kenaikan. Tentunya kabar ini menjadi berita yang membahagiakan bagi masyarakat di daerah ini.
Dari hasil rilis Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, dari belasan pabrik CPO, sudah ada tujuh pabrik yang membeli sawit masyarakat dengan harga di atas Rp 1.300 per kilogram. Cuma tiga pabrik lagi yang harga belinya masih di bawah Rp 1.300.

“Sesuai harapan masyarakat, harga sawit naik lagi. Harga tertinggi pada pekan ini Rp 1.380 per kilogram. Itu di PT. USM,” ungkap Kasi Kemitraan dan Perizinan, Bidang Perkebunan, Distan Mukomuko, Sudiyanto dalam keteranganya kepada radarbengkuluonline.com tadi siang (10/7).

Katanya, tidak hanya PT USM yang sudah membeli sawit masyarakat di atas Rp 1.300. Tetapi ada enam pabrik lain yang membeli sawit di atas Rp 1.300. Masing-masing, PT. KSM, PT. KAS dan PT. MMIL membeli dengan harga Rp 1.310. Kemudian PT DDP Rp 1.300 dan PT. GSS dan PT. BMK membeli sawit dengan harga Rp 1.370 per kilogram.
“Pabrik yang masih membeli di bawah Rp 1.300 yakni PT. SAPTA Rp 1.240, PT. SSS Rp 1.260, dan PT. SAP Rp 1.245,” ungkapnya.

Dari pantauan pihaknya, kata Sudiyanto, harga sawit di tingkat petani sudah di atas Rp 1.100 per kilogram. Bahkan sudah ada toke atau pengepul membeli sawit dengan harga Rp 1.200 per kilogram.

“Inilah harapan kita, harga sawit terus mengalami kenaikan. Kalau kita perhatikan, kalau pemilik lahan sudah bisa terima bersih Rp 1.000 per kilogram (setelah dipotong upah panen dan langsir) itu sudah aman. Tidak banyak lagi keluhan. Apalagi kalau bisa dapat di atas itu,” pungkasnya. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *