Progres Jalan TOL Meningkat, Tahap Dua Terowongan

Featured Nasional

RBO >>> BENGKULU >>>  Hingga saat ini progres pembangunan jalan tol sudah mencapai kurang lebih 15 persen pada tahap pertama. PT Hutama Karya (Persero) terus melanjutkan pembangunan sejumlah ruas jalan tol Trans-Sumatera itu. Salah satunya di Provinsi Bengkulu. SEVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan menjelaskan bahwa pembangunan jalan tol Sumatera, termasuk di Bengkulu terus menunjukkan peningkatan.

“Untuk ruas Bengkulu—Taba Penanjung sepanjang 17 kilometer, saat ini progres konstruksinya sudah mencapai 15 persen,” ujarnya kemarin.

Peningkatan progres ini terlihat dibandingkan dengan April 2020 ketika konstruksi tol di Bengkulu tersebut masih di angka 6 persen. Proyek tol Bengkulu—Taba Penanjung ini merupakan seksi 1 dari pembangunan jalan tol Lubuk Linggau–Curup–Bengkulu sepanjang 95,80 kilometer.

Tol ini terdiri atas tiga seksi. Yaitu, Seksi 1, Bengkulu–Taba Penanjung sepanjang 17,60 kilometer. Seksi 2, Taba Penanjung–Kepahiang sepanjang 23,70 kilometer. Dan Seksi 3, Kepahiang–Lubuk Linggau sepanjang 54,50 kilometer.

Proyek ini nantinya dilengkapi dengan terowongan sepanjang 7 kilometer yang menembus Bukit Barisan dengan kedalaman maksimal 352 meter dan ada pula jembatan bentang panjang sepanjang 1,60 kilometer yang membentang di atas lembah dengan ketinggian pilar mencapai 45 meter hingga 90 meter.

Sementara itu, Project Director Hutama Karya Jalan Tol Bengkulu, Sri Hastuti mengatakan, nantinya akan dikerjakan pada tahap kedua untuk terowongan jalan tol yang berada di perbatasan Bengkulu Tengah – Kepahiang.
“Nanti ada terowongan sepanjang 7 kilometer yang menembus kawasan liku sembilan. Saat ini belum dikerjakan. Nanti kita kerjakan pada tahap kedua. Karena perkerjaan ini akan dibagi tiga tahapan,” sampainya. (Bro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *