Survei Fixpoll, Agusrin, Rohidin, dan Helmi Tetap Tiga Besar Cagub Potensial

Featured Pemda Provinsi Politik

RBO, BENGKULU – Sebelumnya sudah ada dua lembaga survei, yaitu Roda Tiga Konsultan (RTK) serta Diaspora Research and Consulting yang melakukan rilis ekspose hasil survei mereka yang dilaksanakan pada bulan Juli lalu. Kali ini kembali salah satu lembaga survei Fixpoll Research, Strategic and Consulting yang melakukan ekspose hasil survei mereka yang dilaksanakan pada tanggal 9-16 Juli tahun 2020 dengan melibatkan sebanyak 640 responden yang tersebar di 9 kabupaten dan satu Kota Bengkulu.

Dimana hasilnya, nyaris sama dengan survei yang dilakukan oleh Diaspora serta RTK dengan menempatkan nama mantan Gubernur Bengkulu, Agusrin M Najamuddin paling tinggi. Kemudian disusul petahana Gubernur Dr H. Rohidin Mersyah serta peringkat ketiga ada Ketua DPW PAN Provinsi Bengkulu, H. Helmi Hasan SE.

Sementara untuk kandidat Bakal Calon Wakil Gubernur ada nama Ketua BK DPRD Provinsi Bengkulu, Dr Ir H. M Imron Rosyadi yang paling tinggi dibanding kandidat lainnya. “Dari 640 responden yang kita datangi, sebanyak 72,7 persen menjawab sudah tahu bahwa Pilkada serentak akan dilaksanakan pada tahun 2020 ini. Dan sebanyak 27.3 persen menyatakan belum tahu. Dan ketika ditanyakan jika Pilkada Gubernur Bengkulu dilaksanakan pada hari ini, siapa yang akan dipilih? 16,4 persen menjawab Agusrin M Najamuddin, Rohidin Mersyah 12,4 persen dan Helmi Hasan 11,9 persen. Kemudian secara berurutan ada nama Imron Rosyadi, Dedy Ermansyah, Sultan B Najamuddin, Ahmad Hijazi, Ferry Ramli dan Izda Putra.

Sedangkan untuk popularitas mantan Gubernur Agusrin kembali menempati peringkat teratas dengan 89,2 persen. Kemudian disusul petahana 83,3 persen serta Helmi Hasan 75,7 persen. Namun ketika ditanya untuk kesukaan masyarakat terhadap kandidat ternyata Helmi Hasan lebih disukai dibanding petahana Rohidin Mersyah. Helmi 64,8 persen, lalu Rohidin dengan 63,2 persen. Sedangkan Agusrin masih teratas dengan 76,2 persen. Dan untuk elektabilitas, Rohidin masih lebih unggul dibanding Helmi Hasan,” ungkap Direktur Eksekutif Fixpoll Research Strategic and Consulting M. Anas RA saat ekspose, sore Senin (3/8).

Namun untuk peta kandidat Cawagub dari sebanyak 10 nama yang muncul, nama politisi Golkar yang juga mantan Bupati Bengkulu Utara, DR Ir H. M Imron Rosyadi paling populer serta paling tinggi elektabilitasnya dibanding kandidat bakal Cawagub lainnya. “Nama Imron Rosyadi patut diperhitungkan bagi para kandidat Bakal Cagub untuk menjadi pasangan nantinya,” terang Anas.

Kemudian dari sosialisasi dan perilaku pemilih dalam tiga bulan terakhir yang telah dilakukan oleh tim-tim maupun jaringan yang dimiliki oleh kandidat lewat sosialisasi spanduk, baliho, poster, selain nama-nama familiar tokoh masyarakat Bengkulu, juga muncul nama Dodi Reza Alex Noerdin. “Mungkin hal ini dipengaruhi oleh kerja-kerja tim pendukung, jaringan keluarga atau yang lainnya. Sehingga muncul nama Dodi Reza Alex Noerdin,” jelas Anas.

Sementara, sebelumnya dari Wakil Ketua Bidang Infokom DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu, H. Zulkarnain Kaka Jodho M.Si dia menegaskan, Golkar tidak terpengaruh dengan ekspose survei oleh beberapa lembaga sebelumnya. Dan mereka lebih mempedomani lembaga survei Saiful Mujani Research Consulting sebagai referensi Partai Golkar mengusung Dr H. Rohidin Mersyah sebagai Cagub.

“Kalau hasil survei kita dari SMRC itu jelas Pak Rohidin masih paling tinggi. Baik popularitas, elektabilitas serta kesukaan masyarakat. Karena melalui program-program kerja Pak Rohidin sebagai Gubernur maupun ketika beliau mendampingi Pak Ridwan Mukti terbukti pembangunan Bengkulu menjadi lebih baik dari sebelumnya,” kata Kaka Jodho. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *