BLT DD 146 KK Hanya Dua Bulan?

Bengkulu Selatan Featured

RBO, MANNA – Setelah selesai melaksanakan pembagian Bantuan Langsung Tunai(BLT) tahap pertama tiga bulan, saat ini rencananya Desa Lubuk Sirih Ilir akan kembali menyalurkan BLT tahap dua bulan Juli sampai September untuk 146 Kepala Keluarga(KK)selama dua bulan.

Kepala Desa Lubuk Sirih Ilir, Herwan Afrizal menjelaskan mengapa BLT ini hanya dua bulan, karena keterbatasan anggaran dan diperkuat dengan hasil Musyawarah Desa Khusus(Musdesus) yang disepakati masyarakat. “Dalam penyalurannya, kita tetap memberikan setiap masing – masing KK sebesar Rp 300.000,- setiap bulannya dengan total Rp 600.000,- dengan mengundang seluruh kepala keluarga agar transparan,” kata Herwan di Kantor Desa, Kamis(06/08).

Pembagian BLT ini, juga mengacu pada Perbub no 25 tahun 2020 dan PMK No.50/PMK/.07/2020 dengan ketersediaan dana yang ada dari 25 persen dana desa untuk penanganan Covid – 19.
Untuk pendataan nama calon penerima BLT tahap dua ini, dilakukan oleh tim pendata dengan data berjumlah 157 KK dari jumlah tersebut ada 10 yang bekerja dikelembagaan dan meraka tidak bisa menerima dan satu orang lagi ketua BPD selaku pemimpin rapat.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala DPMD Hamdan Syarbaini, S.Sos, perwakilan Kecamatan, Sekcam Yuhildani, S.sos, Kapolsek yang diwakili oleh Kanit Binmas, Babinsa, Pendamping Desa. “Pembagian BLT yang akan di salurkan nanti atas kesepakatan bersama, kita berharap masyarakat dapat memanfaatkan dana tersebut, menyambung kebutuhan hidup dan menjalani hidup damai dan tentram,” harap Herwan.

Kepala DPMD Hamdan Syarbaini, S.Sos mengatakan untuk tahap dua ini boleh saja dibagikan selama dua bulan tergantung dana yang tersedia di desa. “Untuk pembagian BLT tahap dua ini, sudah tercantum dalam aturan Mentri Keuangan PMK No.101 Tahun 2020, walupun hanya hanya dua bulan saja, tergantung ketersedian dana desa karena untuk tahap dua ini tidak ada kewajiban desa untuk menyalurkannya yang wajib adalah pembagian BLT tahap pertama pada bulan April, Mei, Juni,” tegas hamdan. (afa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *