Cetak 300 Ha Sawah di MM, Kaur dan BU

Featured Pemda Provinsi Pertanian

RBO, BENGKULU – Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu akan memberikan bantuan berupa cetak sawah seluas 300 hektare, di tiga Kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu, yakni Mukomuko, Bengkulu Utara dan Kaur. Masing-masing kabupaten 100 hektare.

Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Ricky Gunarwan mengatakan, hal ini dilakukan lantaran melihat lahan pertanian di Provinsi Bengkulu semakin minim. Salah satu faktor utamanya karena alih fungsi lahan. Karenanya ia berharap, baik lembaga legislatif maupun eksekutif untuk bersama-sama membuat suatu kebijakan mengenai pengalihfungsian lahan pertanian menjadi perumahan ataupun bangunan lainnya.

“Kendala kita sekarang tingginya tingkat alih fungsi lahan ini, memang belum ada aturan yang tegas bahwa lahan-lahan irigasi itu tidak boleh beralih fungsi, sekarang kan banyak yang berubah dari lahan perkebunan menjadi perumahan, ini harus ada ketegasan mengenai alih fungsi ini, kalau tidak ada ketegasan maka seluruh lahan pertanian akan beralih fungsi semua,” ujar Ricky kemarin Jumat (21/8).

Di sisi lain, untuk membantu serta sebagai penentu inflasi Provinsi Bengkulu, Dinas TPHP akan mengembangkan tanaman holtikultura dan tanaman yang menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain termasuk dalam program presiden, hal ini juga menjadi salah satu visi dan misi Gubernur Bengkulu.

“Ditengah dampak covid ini kita masih tetap bergerak menjalankan program yang ada. Terutama dalam memberikan bantuan, seperti replanting sawit di Kabupaten sesuai visi dan misi yang ada,” sampainya. (Bro)

BERBAGI:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.