DAK Fisik 2021 Naik Mencapai Rp 6 Miliar

Featured Kota Bengkulu

RBO >>>  BENGKULU >>>  Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar (SD), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu, Benny Rasdiwansyah mengatakan, untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik SD tahun 2021 mendatang, mengalami kenaikan mencapai Rp 6 miliar. Ini dikatakan, usai melakukan sinkronisasi dan harmoni Dana Alokasi Khusus (DAK) 2021 bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen).

Dari rapat koordinasi yang digelar secara virtual se-Indonesia, Dikbud Kota Bengkulu, mendapatkan kenaikan signifikan DAK Fisik 2021 untuk tingkat satuan pendidikan Sekolah Dasar dibandingkan dari 2020 ini. “Alhamdulillah, di tahun ini (2020) DAK SD sebelumnya mendapat sekitar 3 miliar. Di tahun 2021 mendatang naik menjadi 6 miliar,” ujar Benny Rasdiwansyah kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Dijelaskannya, pembagian dana tersebut untuk pengadaan media pendidikan, dan pembangunan sanitasi diperuntukkan sebanyak 71 sekolah dan 22 paket pembangunan toilet. “Kami tidak mendapatkan dana rehab. Tahun ini, hanya untuk pembangunan sanitasi,” jelasnya.

Apalagi, penyusunan DAK fisik ini, merupakan pengusulan melalui Data Pokok Pendidikan (Dapodik), sebagai dasar dalam merencanakan, mengaplikasi melalui aplikasi Krisna. “Penambahan DAK fisik itu, akan berdampak pada satuan pendidikan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bengkulu memang banyak mengalami kekurangan DAK fisik,” tutupnya. (ach)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *