Program Kios Sekundang Tingkatkan Promosi Produk UMKM

Bengkulu Selatan Featured

RBO, MANNA – Kepala Dinas Desperindagkop Bengkulu Selatan, Herman Sunarya,SH,MH mengatakan program kios Sekundang yang digagas oleh Pemerintah Daerah Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) Bengkulu Selatan nantinya mampu meningkatkan pemasaran hasil produksi bahkan sampi kepaska pasar nasional. “Selain Kios Sekundang, kita juga sudah mengusulkan kepada Pemerintah Pusat Melalui Mentri Perdagangan untuk bantuan modal, Sehingga UMKM yang ada mampu menciptakan produk yang kreatif dengan harga yang terjangkau dengan kemasan yang menarik,” ujar Herman di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa (15/09).

Apalagi saat ini, UMKM hanya perlu menyedikan tempat saja, nanti seluruh modal dan isinya akan di tanggung oleh pihak Bank dan masyarakat tinggal menjualnya saja dengan sistem pembayaran yang sudah modern dan mampu bersaing dengan pelaku – pelaku usaha lainnya.

Ketua PKK BS, Nurmalena Gusnan mengatakan kedepannya akan membuat agar hasil produksi UMKM ini bisa lebih meningkat dengan cara memberikan pembelajaran bagaimana cara membuat kemasan yang menarik agar lebih disukai oleh masyarakat. “Sebagai contoh, masyarakat menyukai produk tertentu padahal isinya hanyalah ubi kayu ataupun singkong tetapi banyak masyarakat yang menyukainya, berarti yang perlu kita perbaiki adalah kemasan dan nantinya kita akan bekerja dengn Desperindag bagaimana cara mendapatkan desain kemasasn yang menarik,” ujar Lena.

Nurmalena berharap untuk hasil produksi dari UMKM ini yang pertama yang harus membeli adalah masyarakat Bengkulu Selatan sendiri dengan mencintai produk sendiri. Bahkan kedepannya nanti Nurmalena berharap Pemerintah Derah mampu menyediakan wadah seperti Supermarket yang mampu menampung semua hasil produksi UMKM untuk di pasarkan dan menjadi satu titik.

“Bagi masyarakat yang ada diluar Bengkulu Selatan yang ingin membeli oleh – oleh, akan lebih mudah untuk mencari apa yang menjadi produk khas Bengkulu Selatan di central oleh-oleh bagi para pengunjung,” harapnya.

Ketua UMKM Bengkulu Selatan, Buyung Hamzah tidak banyak yang diharapkan, UMKM ini berharap pemasaran hasil produksi mereka bisa lancar dan mampu menghasilkan keuntungan. “Untuk UMKM yang ada di BS ini sudah bermitra dan dibina oleh Disperindag, BKKN, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian, tapi masih terkendala dengan pemasarannya kalau untuk produksi mau berapa banyak kami siap. Begitu juga harapan kami kalaupun nanti ada kegiatan tahunan dari Pemda bisa melibatkan seluruh UMKM untuk menyediakan berbagi jenis keperluan makanan, kami siap menyediakannya,” singkat Buyung.(afa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *