Talang Genting Gelar FDG dan Rembuk Stunting

Bengkulu Utara Featured

RBO, ARGA MAKMUR – Desa Talang Ginting, Kecamatan Air Besimenggelar kegiatan Forum Diskusi Grup (FDG) dan Rembuk Stunting yang di Kantor Desa Talang Ginting, Selasa (10/9/2020).

Rembuk stunting ini dilaksanakan sebelum ditetapkannya RKP sehingga hasil Rembuk Stunting dapat dituangkan dalam Berita Acara dan dapat di infut ke aplikasi eHDW dan menjadi bahan review RPJM Desa maupun rumusan Prioritas wajib di RKP Desa.

Pelaksansaan rembuk stunting di Desa Talang Ginting, sebagai bagian dari musyawarah perencanaan pembangunan di desa, membahas perioritas permasalahan stunting dan mengusulkan kegiatan yang mencakup 5 (lima) paket layanan konvergensi stunting di desa.

Dari diskusi yang dilaksanakan, disepakati kegiatan konvergensi yang akan diusulkan dalam musyawarah desa perencanaan tahun 2021 yang meliputi PMT (ibu hamil, balita), APD kader, APE kegiatan BKB, HP Android utk KPM, pelatihan kader dan sosialisasi gizi.

Kades Talang Ginting, Tahul Mansyah dalam sambutannya mengatakan pentingnya menjaga pola makan dan asuh dalam rangka mencegah anak terlahir stunting atau kekurangan gizi ( terhambat pertumbuhannya). “Untuk ibu-ibu hamil hendaknya selalu rutin memeriksakan kandungannya ke Puskesmas atau bidan desa, sehingga kehamilannya dapat terpantau dan juga kepada bidan desa hendaknya lebih proaktif untuk memberikan pengertian terkait dengan pemeriksaan kesehatan dan kehamilan dan juga terkait kebutuhan gizi selama kehamilan dan kepada para balita,” kata Kades.

Kegiatan ini di hadiri dibuka oleh Camat yang diwakili Sekcam Air Besi, Dairmansyah, Kades Tahul Mansyah, BPD, Perangkat Desa, Pendamping Desa, Tokoh Masyarakat, Babinsa dan Kelembagaan Desa serta perwakilan dari Puskesmas. (bri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *