Hari Raya Galungan, Umat Hindu Terapkan Protokol Kesehatan

Bengkulu Utara Featured

RBO, ARGA MAKMUR – Umat Hindu di Bengkulu Utara merayakan Hari Raya Galungan. Walaupun di tengah Pandemi Covid-19 saat ini, Rabu pagi (16/09) namun acara tetap berjalan dengan khidmad.

Berbeda dengan perayaan-perayaan tahun sebelumnya, Perayaan Galungan tahun ini tetap diikuti antusias oleh Umat Hindu. Namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Untuk menghindari adanya kerumunan massa, perayaan Hari Galungan ini sendiri dibagi menjadi 2 lokasi yakni Pura Dharma Yatra dan Pura Dalem, Desa Rama Agung, Kecamatan Kota Arga Makmur yang telah disemprotkan disinfektan sehari sebelum perayaan.

Selain itu juga disediakan tempat cuci tangan, mengecek suhu tubuh, menjaga jarak duduk saat persembahiyangan dan mewajibkan setiap umat yang hendak melakukan persembahiyangan untuk menggunakan masker.

Sekretaris Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Bengkulu Utara, Nyoman Karwiyanto menyebutkan Hari Raya Galungan ini sendiri sebagai bentuk memperingati kemenangan kebaikan melawan kejahatan. “Hari Raya Galungan ini sebagai bentuk memperingati kemengan kebaikan melawan kejahatan dan setelah melaksanakan Hari Raya Galungan ini, Umat Hindu 10 hari kedepannya juga akan melanjutkan perayaan Hari Raya Kuningan,” singkat Nyoman Karwiyanto. (bri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *