Gusnan: ASN Pensiun, Produktifitas Jalan Terus

Bengkulu Selatan Featured

Kios Sekundang Solusinya

RBO, MANNA – Tetap mendapatkan penghasilan walaupun sudah pensiun adalah hal yang menyenangkan. Oleh karena itu Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, SE.MM menyarankan agar ASN yang sudah pensiun untuk mengikuti program Kios Sekundang agar tetap produktif walaupun sudah pensiun dari kedinasan. “Khusus untuk ASN yang sudah pensiun, bukan hanya sekedar menikmati masa tua tanpa adanya pemasukan selain dari uang pensiun, kita mau ASN yang sudah pensiun bisa tetap menghasilkan uang dengan cara membuka kios sekundang,” kata Gusnan di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (17/09).

Diharapkan dengan program kios sekundang ini perkonomian Bengkulu Selatan dapat maju dan berkembang. “Kedepanya nanti bisa dilakukan penerapan sistem seperti toko retail berjaringan Sekundang mart untuk penyeragaman seperti di Kabupaten Kulon Progo di Provinsi Dearah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Sumatra Barat(Padang),” kata dia.

Rencananya ekonomi kerakyatan ini nanti akan diprogramkan untuk para ASN yang sudah pensiun, tetapi masyarakat umum juga bisa mendaftarkan diri. “Kita berharap kedepannya perputaran ekonomi ini punya masyarakat sendiri, jangan hanya memperkaya konglomerat yang ada di luar daerah dengan mengeruk uang yang ada didaerah, lalu dibawa ke daerah lain. Kita maunya uang yang ada tersebut selalu berputar di Bengkulu Selatan saja bahkan kalau bisa mampu menarik uang untuk masuk kedaerah,” jelasnya.

Gusnan mengatakan dirinya tidak mau setelah ASN pensiun, tujuannya mau berkebun keluar daerah, seolah di daerah sendiri tidak mampu menghasilkan uang. “Jangan sampai hal ini terjadi dikita,” kata dia.

Kios Sekundang ini seluruhnya nanti akan difasilitasi oleh pihak perbankan, PT Taspen dan PT Jaring Sistema Semesta (JSS). Adapun perbankan yang bekerjasama yakni Bank Mandiri Taspen, Bank BRI dan BNI Syariah. “ASN yang sudah pensiun cukup menyediakan saja lokasinya misalnya 4 x6 meter, nantinya modalnya akan disesuaikan seberapa besar bangunan yang dimiliki,” jelas dia.

Pemilik toko juga dianjurkan untuk mengecat tokonya dengan warna putih bersih. Begitu juga dalam sistem jual belinya bagi ASN yang mempunyai kesibukan tidak perlu khawatir barangnya akan hilang. “Karena semuanya sudah terinput didalam sistem dan menggunakan aplikasi sehingga kita bisa mengontrolnya melalui Hendpon saja,” kata Gusnan.

Sementara itu, Kepala Disperindagkop, Herman Sunarya,SH.MH mengatakan dalam program pemulihan ekonomi nasional ini merupakan program nasional dari PT Taspen sehingga mampu mengerakkan perekonomian masyarakat dengan memotivasi ASN yang pensiun dan yang menjelang pensiun se Kabupten Bengkulu Selatan. “Bagi ASN yang ingin mendaftar, bisa mendatangi langsung Kantor Desperindag dengan mengambil formulir dan melengkapi persyaratan. Sehingga walaupun sudah pensiun kita tetap mempunyai penghasilan,” singkat Herman.(afa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *