SMKN 7 Kota Bentuk Pusat Pengembangan Karir Siswa

Featured Pendidikan

RBO >>>  BENGKULU >>>  Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 7 Kota Bengkulu terus memberikan program-program yang berkualitas untuk mengasah skill siswa supaya siap bekerja. Salah satu program terbarunya, menggelar workshop Penyusunan Pembentukan Pusat Pengembangan Karir Siswa (PPKS), dan penguatan peran BKK serta Job Matching di SMK. Acara ini digelar di Aula Umang-umang Pinus Hotel SMKN 7 kemarin.

“Tujuan dari PPKS dan penguatan peran BKK serta Job Matching ini, bagaimana kedepan SMK dapat menciptakan lulusan yang siap terjun ke masyarakat. Bukanya terjun bermasyarakat saja, namun sudah siap bekerja di perusahaan orang lain. Diharapkan mereka sudah siap dari segi kompetensi, maupun dari segi mental dan soft skill. Sehingga perusahaan yakin dengan kualitas lulusan SMK ketika mereka diterima bekerja di sebuah perusahaan,” ujar Kepala SMKN 7 Kota Bengkulu, Destiana, M.Pd kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Dijelaskannya, jika siswa tamatan tersebut tidak bisa bergabung untuk bekerja di perusahaan atau dunia kerja, namun setidaknya siswa sudah dibekali dengan pengetahuan dan life skill serta jiwa entrepreneurship. Sehingga mereka dapat membuka usaha sendiri. “Tujuan lainnya adalah bagaimana antara Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dan SMK dapat “mengawinkan.” Artinya lulusan SMK, sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh dunia usaha dan dunia industri,” terangnya.

Sementara itu, Plt. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi, Drs. Yulian Hidayat, M.Pd sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Apalagi, dia sangat mendukung siswa SMK memang diwajibkan mahir di segala bidang. Sehingga, tidak ada alasan untuk tidak siap bekerja di dunia industri usaha.

“Dengan adanya program ini, diharapkan memang betul-betul dimaksimalkan sebaik mungkin. Apalagi, rencana pelaksanaan kerja masih sangat panjang, sampai Bulan November 2020 mendatang,” tutupnya. (ach)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *