Kecamatan Kota Arga Makmur Gelar Pelatihan Aplikasi eHDW

Bengkulu Utara Featured

RBO, ARGA MAKMUR – Menindak lanjuti surat edaran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Nomor 13 Tahun 2020, Camat Jhon Kenedi, S. Sos mengadakan Bimtek Pelatihan Pengoperasian Aplikasi electronik Human Develovpment Worker (eHDW) Kader Pembangunan Manusia (KPM) di halaman Kantor Kecamatan Kota Arga Makmur, Jumat (18/09/2020) lalu.

Nara sumber dari DPMD, Tenaga Ahli (T.A ) dari Kabupaten Bengkulu Utara BU dan Pendamping Desa (PD) melaksanakan bimtek pengoperasian aplikasi eHDW ke semua kader pembangunan manusia yang dapat digunakan untuk memperoleh data real time dan informasi secara akurat untuk membantu desa memfasilitasi pencegahan stunting. “Sehubungan dengan di terapkannya aplikasi e-HDW ini diharapkan kepada desa untuk menganggarkan telepon seluler minimal 5 android guna untuk pelaporan data, dengan adanya aplikasi mobile ini desa dapat lebih efektif mengadvokasi pemerintah desa,” ucap Camat Jhon Kenedi, S. Sos saat membuka acara tersebut.

Sashadiman, menjelaskan aplikasi eHDW dan Indeks Desa Membangun (IDM) akan terintegrasi dengan sistem informasi EPPGBM ( Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat). “Akan menjadi dasar dalam penetapan lokal desa prioritas (Desa Merah Stunting ) dan rekomendasi intervensi lintas sektor,” jelas dia.

Lebih lanjut Sashadiman menambahkan, cakupan menu aplikasi eHDW meliputi data data fasilitas desa. Contohnya Polindes, PAUD, posyandu, air bersih dan sanitasi serta penerima manfaat. ”Penerima manfaat itu adalah ibu hamil, ibu dalam masa nifas, anak berumur 0 sampai 2 tahun serta anak yang berumur lebih dari 2-6 tahun,” beber dia. (bri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *