SMKN 4 Kota Bengkulu Bangun Gedung RPS Mewah dan Elegan

Featured Pendidikan

Paidi : Penentuan Titik Nol Pembangunan Gedung

RBO >>>  BENGKULU >>>  Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bengkulu akan membangun Ruang Praktik Siswa (RPS). Ini diperuntukkan bagi siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Apalagi, pembangunan gedung ini yang berlokasi persis di depan gerbang sebelum masuk SMK 4, didesain seperti bangunan yang mewah dan elegan mengikuti perkembangan zaman.

“Ya, hari ini (Senin-red), penentuan titik nol untuk pembangunan gedung baru. Ini bantuan dari Direktorat SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI tahun 2020, dalam kategori ekonomi kreatif untuk sub bidangnya (kelompok) Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Luas tanah yang akan dibangun 15 x 9 meter. Rencana awal pembangunan gedung ini, 2 lantai 4 RPS. Tapi yang baru akan dibangun hanya 1 lantai saja,” ujar Kepala SMKN 4 Kota Bengkulu, Dr. Paidi, M.TPd kepada radarbengkuluonline.com Senin (21/9).

Dijelaskannya, target selesai pembangunan gedung itu diperkirakan pertengahan bulan Desember 2020 mendatang. Untuk total dana yang dihabiskan pembagunan RPS ini, sebesar tiga ratus empat puluh empat juta rupiah. “Usai penentuan titik nol pembangunan gedung, hari ini juga sudah mulai dikerjakan. Supaya Desember nanti siswa sudah bisa memakai gedung itu untuk proses pembelajaran praktik,” jelasnya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Paidi, terkait program keunggulan ini sedikit berbeda dengan program pembelajaran biasa. Sebab, pembelajaran tersebut sudah mengarah ke Teaching Factory (TEFA). Ini merupakan pembelajaran yang berorientasi produksi dan bisnis. “Jadi yang diajarkan oleh pihak sekolah nantinya memang sudah pesanan dari industry. Seperti masyarakat, kantor dan lain-lain. Yang jelas siswa bukan belajar teori saja, tapi bisa dibilang praktik yang sesungguhnya. Dengan dibangunnya gedung RPS ini, supaya dapat dimanfaatkan oleh siswa, guru dan masyarakat yang berpontensi di sekitaran sekolah. Apalagi pembangunan RPS ini perdana yang ada di Kota Bengkulu,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid Pembina SMK, Dikbud Provinsi, Drs. Buslan, M.Pd, M.Si memberikan apresiasinya atas pembangunan RPS tersebut. Apalagi, gedung ini bukan hanya untuk siswa belajar saja, tapi boleh digunakan untuk masyarakat sekitar. “Inilah yang kami harapkan, SMK dapat bekerjasama dengan masyarakat sekitar, terkait ekonomi kreatif. Terlebih lagi ditengah pandemi Covid-19,” kata Buslan.

Dalam penentuan titik nol ini, turut hadir Kabid Pembina SMK Dikbud Provinsi, Drs. Buslan, M.Pd, M.Si. Selain itu tim pengawas SMKN 4, H. Syah Bandar S.Pd, GM Harian Radar Bengkulu, Dede dan Matzudin. (ach)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *